OTENTIKASI PADA APLIKASI BERBASIS WEB

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (27 votes cast)

OTENTIKASI PADA APLIKASI BERBASIS WEB

Oleh  : Akhmad Budiharjo / NIM. 23202114

ABSTRAK

Sekarang ini , teknologi informasi  sedang berkembang dengan pesat yang memungkinkan semua orang dapat berkomunikasi dari satu tempat ke tempat lain dengan  jarak ribuan kilometer. Data yang dikirimkan itu menggunakan jalur transmisi telekomunikasi yang belum tentu terjamin keamananya. Bila data yang sedang dikirim melalui media transmisi itu dicuri atau diubah oleh penyadap dan cracker untuk kepentingan tertentu. Hal ini sedang menjadi masalah bagi dunia telekomunikasi terutama dalam pengiriman data penting yang memerlukan kerahasiaan tinggi seperti informasi intelijen kemeliteran, keuangan bank, informasi rahasia negara dan informasi penting lainnya.

Berkaitan dengan pengamanan beragam kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi yang handal dan tidak terkorupsi untuk menjaga integritas program dan data.

Untuk mengatasi masalah itu digunakan otentikasi untuk melindungi data dan informasi pada sistem komputer, agar tidak digunakan atau dimodifikasi orang yang tidak di otorisasi.bahwa informasi di sistem komputer hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang diotorisasi dan modifikasi tetap menjaga konsistensi dan keutuhan data di sistem.

Authentification adalah proses dalam rangka validasi user pada saat memasuki sistem, nama dan password dari user di cek melalui proses yang mengecek langsung ke daftar mereka yang diberikan hak untuk memasuki sistem tersebut. Autorisasi ini di set up oleh administrator, webmaster atau pemilik situs (pemegang hak tertinggi atau mereka yang ditunjuk di sistem tersebut. Untuk proses ini masing-masing user akan di cek dari data yang diberikannya seperti nama, password serta hal-hal lainnya yang tidak tertutup kemungkinannya seperti jam penggunaan, lokasi yang diperbolehkan.

1/33

Selain itu authentification juga merupakan salah satu dari banyak metode yang digunakan untuk menyediakan bukti bahwa dokumen tertentu yang diterima secara elektronik benar-benar datang dari orang yang bersangkutan dan tak berubah caranya adalah dengan mengirimkan suatu kode tertentu melaui e-mail dan kemudian pemilik e-mail mereplay email tersebut atau mengetikan kode yang telah dikirimkan.

Authentication server berfungsi untuk mengenali user yang berintegrasi ke jaringan dan memuat semua informasi dari user tersebut, dalam praktek biasanya authentification server mempunyai backupp yang berfungsi untuk menjaga jika server itu ada masalah sehingga jaringan dan pelayanan tidak terganggu.

Dalam aplikasi Web dibutuhkan mekanisme yang dapat melindungi data dari pengguna yang tidak berhak mengaksesnya, misalnya sebuah situs Web yang berisikan foto-foto keluarga dan hanya dapat diakses sesama anggota keluarga. Mekanisme ini dapat diimplementasikan dalam bentuk sebuah proses login yang biasanya terdiri dari tiga buah tahapan yaitu : identifikasi, otentikasi dan otorisasi

Proses otentifikasi pada prinsipnya berfungsi sebagai kesempatan pengguna dan pemberi layanan dalam proses pengaksesan resource. Pihak pengguna harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan pemberi layanan untuk berhak mendapatkan resourcenya. Sedang pihak pemberi layanan harus mampu menjamin bahwa pihak yang tidak berhak tidak akan dapat mengakses resource ini.

Proses otentikasi dapat dilakukan oleh webserver ataupun PHP, sebagai berikut Otentikasi oleh Webserver

Pada server Apache ada beberapa metode yang dipakai dalam mengimplementasikan mekanisme otentikasi. Pada prinsipnya mekanisme ini dibagi dua jenis yaitu :

  • Otentikasi dasar HTTP (HTTP Basic Authentication) yang dapat menggunakan beberapa media penyimpanan data otentikasi seperti file teks, file database DBM, atau RDBMS (misalnya My SQL )
  • Otentikasi menggunakan MD5 Digest

2/33

Dalam melakukan perlindungan terhadap suatu resource, kedua jenis otentikasi di atas menggunakan metode berbasis realm (daerah akses yang dikontrol). Setiap resource baik tunggal maupun jamak yang dilindungi akan mempunyai sebuah nama realm. nama realm dapat dispesifikasikan dalam file konfigurasi dengan menggunakan direktif AuthName.

Untuk mendownload silakan klik link di di bawah ini

Download di sini

OTENTIKASI PADA APLIKASI BERBASIS WEB, 4.9 out of 5 based on 27 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets