Pandangan Dunia Pengarang Dalam Novel Saman Karya Ayu Utami

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia : Pandangan Dunia Pengarang Dalam Novel Saman Karya Ayu Utami

Yuniati, Lina Puspita. 2005.Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Novel Saman karya Ayu Utami sangat menarik untuk dikaji dengan menggunakan teori Strukturalisme Genetik, karena mempunyai hubungan antara lingkungan sosial saat novel tersebut diciptakan dengan lingkungan sosial pengarang. Oleh karena itu, dari pengkajian novel Saman ini dapat diketahui pandangan dunia pengarang. Pemilihan novel Saman di samping berdasarkan faktor tersebut, juga didasarkan pada belum pernah dilakukannya pengkajian novel Saman dari segi sosiologi khususnya menggunakan teori Strukturalisme Genetik.

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana struktur novel Saman karya Ayu Utami, (2) bagaimana lingkungan sosial Ayu Utami, (3) bagaimana lingkungan sosial novel Saman karya Ayu Utami, (4) bagaimana pandangan dunia pengarang yang terefleksi dalam novel Saman karya Ayu Utami. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap struktur novel Saman karya Ayu Utami, lingkungan sosial Ayu Utami, lingkungan sosial novel Saman karya Ayu Utami, dan pandangan dunia pengarang yang terefleksi dalam novel Saman karya Ayu Utami.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra dengan menggunakan teori Strukturalisme Genetik. Sasaran penelitian dalam penelitian ini adalah struktur novel Saman karya Ayu Utami, lingkungan sosial Ayu Utami, lingkungan sosial novel Saman karya Ayu Utami, dan pandangan dunia pengarang yang terefleksi dalam novel Saman karya Ayu Utami, yang diterbitkan oleh penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Jakarta, pada tahun 1998. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan model dialektik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur novel Saman terdiri atas tokoh dan penokohan, yakni dengan tokoh utama Saman. Saman digambarkan sebagai tokoh yang religius, mempunyai solidaritas tinggi, ekonomis, suka bekerja keras, pemikir, optimis, dan percaya kepada hal-hal gaib. Alur dalam novel Saman dibagi menjadi dua yaitu alur utama dan alur bawahan. Alur utama merujuk pada penceritaan tokoh Saman, sedangkan alur bawahan yaitu alur yang merujuk pada penceritaan tokoh Laila. Latar cerita pada novel Saman terjadi di New York, Pabrik kilang minyak di lepas pantai laut Cina Selatan, Pulau Matak, Perabumulih, sebuah gereja, Lubukrantau, ruang penyekapan, rumah sakit, dan terjadi pada tahun 1962 sampai 1996. Adapun tema dalam novel Saman adalah perjuangan Saman dalam membela penduduk transmigrasi Sei Kumbang. Dilihat dari lingkungan sosial pengarangnya, Ayu Utami merupakan pengarang novel sekaligus aktivis. Sebelum menulis novel ia aktif sebagai wartawan di majalah Matra, Forum Keadilan dan D&R. Sekarang ini Ayu Utami masih aktif dalam bidang jurnalis di Komunitas Utan Kayu sebagai redaktur Jurnal Kebudayaan Kalam. Dilihat dari lingkungan sosialnya, novel Saman merupakan penggambaran kehidupan masyarakat Indonesia di bawah kekuasaan rezim Orde Baru yang terjadi pada tahun 1990-an. Pada tahun 1990-an terjadi peristiwa unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan petani atau buruh. Pandangan dunia pengarang yang terefleksi dalam novel Saman ini terlihat dari solusi yang diberikan oleh pengarang dari permasalahan yang dihadapi oleh tokoh problematik. Tokoh problematik yang terdapat dalam novel Saman adalah tokoh yang bernama Saman. Berdasarkan Solusi yang diberikan oleh pengarang pada tokoh problematik ini dapat disimpulkan bahwa pandangan dunia pengarang yaitu pengarang mempunyai rasa simpati pada nasib yang dialami oleh penduduk transmigrasi Sei Kumbang dan pengarang berusaha untuk menolak pandangan bahwa laki-laki selalu mendominasi perempuan. Lebih dari itu pengarang ingin menyeimbangkan kedudukan antara laki-laki dan perempuan. Hal ini terlihat dari pemberian solusi-solusi yang diberikan oleh pengarang pada tokoh problematik. Pemberian solusi-solusi tersebut sesuai dengan latar belakang lingkungan sosial pengarang.

Berdasarkan hasil analisis di atas, saran yang penulis sampaikan antara lain penelitian novel Saman dengan menggunakan teori Strukturalisme Genetik ini hendaknya dapat bermanfaat bagi pembaca, teori Strukturalisme Genetik ini dapat digunakan untuk mengkaji karya sastra lainnya, dan novel Saman hendaknya dapat dikaji atau dikembangkan dengan menggunakan teori yang lain.

Download

Pandangan Dunia Pengarang Dalam Novel Saman Karya Ayu Utami, 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets