PANEL SISTEM PENGISIAN ?CHARGING SYSTEM? TYPE KONVENSIONAL DAN IC REGULATOR

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan Teknik Mesin D III: PANEL SISTEM PENGISIAN ?CHARGING SYSTEM? TYPE KONVENSIONAL DAN IC REGULATOR

Agung Slamet Waluyo . 2006. Skripsi Jurusan Teknik Mesin D III. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. 2006

Pada suatu kendaraan (mobil) sumber tenaga yang berupa arus listrik diperoleh dari baterai dimana kapasitas baterai sangatlah terbatas, bila pada mobil hanya mengandalkan baterai saja sebagai sumber listrik, akibatnya hanya dalam beberapa jam saja arus baterai akan habis. Untuk itu pada mobil dilengkapi dengan pembangkit tenaga listrik AC yang biasa disebut Altenator.

Penggunaan Alternator dapat menghasilkan arus listrik yang lebih besar dari pada dinamo karena Altenator adalah generator listrik 3 phase yang dilengkapi dengan rectifier untuk mensuplai tenaga listrik DC dan biasanya terdiri dari generator 3 phase dan rectifier. Alternator mempunyai beberapa keunggulan diantaranya, arus yang dibangkitkan oleh Alternator lebih mampu mencukupi kebutuhan listrik untuk menggerakkan peralatan tambahan yang sekarang ini banyak digunakan pada mobil, umur penggunaan sikat lebih panjang, dan pada saat putaran tanpa beban Alternator akan tetap mengisi baterai. Walaupun mobil yang digunakan tidak berjalan tetapi mesin dalam keadaan hidup, sistem pengisian akan tetap bekerja dengan baik.
Sistem kelistrikan pada mobil diantaranya sistem stater untuk menghidupkan mesin, sistem pengapian, sistem pengisian, dan perlengkapan listrik lainnya. Menurut Daryanto (1999 : 334) sistem pegisian akan mengisi baterai selama kendaraan berjalan atau mesin berputar supaya baterai terisi penuh 2untuk memberikan arus yang cukup pada bagian-bagian kelistrikan selama mesin bekerja.
Baterai hanya dapat diisi oleh arus DC, untuk merubah arus AC menjadi DC digunakan retifier atau dioda yang biasanya di pasang pada bagian dalam Alternator. Mengingat kegunaan dari baterai yang mempunyai fungsi yaitu menyuplai arus listrik pada kendaraan tersebut tentu akan menyebabkan turunnya kemampuan atau tegangan baterai. Hal ini akan mempengaruhi kinerja sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan. Oleh karena itu sistem kendaraan harus mempunyai sistem pengisian yang baik agar baterai selalu dalam kondisi terisi penuh.
Sistem pengisian pada mobil mempunyai peranan yang sangat penting, untuk itu kondisinya harus diperhatikan. Kondisi sistemnya harus dalam keadaan baik guna mendukung kelangsungan hidup suatu mesin. Hal-hal yang mendasari penulis memilih judul Panel Sistem Pengisian (Charging System) type konvensional dan IC Regulator adalah sebagai berikut: Untuk mengkaji lebih dalam tentang Sistem Pengisian Konvensional dan IC Regulator.
Sistem pengisian merupakan salah satu dari sistem kelistrikan vital pada mobil perlu dipahami cara kerja dan aliran arus listrik.
Untuk memudahkan penganalisaan dan memperbaiki kerusakan pada sistem pengisian pada type Konvensional dan IC Regulator.

Download

PANEL SISTEM PENGISIAN ?CHARGING SYSTEM? TYPE KONVENSIONAL DAN IC REGULATOR, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets