Partisipasi Kelompok Petani Dalam Usaha Konservasi Tanah Di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (114 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Partisipasi Kelompok Petani Dalam Usaha Konservasi Tanah Di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

Hendro Ari Wibowo, 2005. Jurusan geografi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Dalam rangka memelihara kelestarian lingkungan, termasuk di dalamnyakonservasi tanah, maka memerlukan dukungan dari pelbagai pihak, disampingperanan segenap lembaga swadaya masyarakat yang berkaitan denganpengelolaan lingkungan juga sangat diharapkan peran serta masyarakat.Keberhasilan usaha konservasi tanah, yang merupakan bagian dari kegiatanpelestarian lingkungan lebih banyak tergantung pada peran serta dari subyekpelaksana kegiatan tersebut, yaitu petani. Permasalahan dalam penelitian iniadalah sejauh mana partisipasi kelompok petani dalam usaha konservasi tanah danpengaruhnya terhadap konservasi tanah di Desa Medini Kecamatan UndaanKabupaten Kudus.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi yang dilakukankelompok petani terhadap usaha konservasi tanah di Desa Medini KecamatanUndaan Kabupaten Kudus dan mengetahui usaha konservasi tanah yang dilakukankelompok petani terhadap hasil panen di Desa Medini Kecamatan UndaanKabupaten Kudus.

Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metodeobservasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan populasiyang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok petani diDesa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang terdiri dari 3 kelompoktani yaitu Kelompok Petani kayu Urip dengan jumlah anggota 13 orang,Kelompok Petani Kandang Rejo dengan jumlah anggota 11 orang dan KelompokTani Pingkuk Mulyo dengan jumlah anggota 9 orang. Dengan jumlah keseluruhananggota kelompok petani Desa Medini adalah 33 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelompok petani di Desa Medinisabagian besar partisipasinya adalah sedang (54.55 %). Tingkat tertinggipartisipasi kelompok petani dalam usaha konservasi tanah adalah kelompok petaniKandang Rejo, sebesar 54,55 %. Kemudian kelompok petani Pingkuk Mulyo,sebesar 33,33 %. Dan kelompok petani Kayu Urip yang hanya 7,69 % tingkatpartisipasinya.

Dalam kenyataannya di lapangan, kelompok petani di Desa MediniKecamatan Undaan dalam melaksanakan konservasi tanah sudah menerapkanmetode-metode konservasi tanah pada lahan mereka. Antara lain: a. DalamMetode Vegetatif, kelompok petani melaksanakan konservasi tanah berupa:penanaman tanaman penutup, penanaman dalam strip, penanaman berganda, danpemakaian mulsa, b. Dalam Metode Mekanik, kelompok petani melaksanakankonservasi tanah berupa: pembuatan teras, saluran pembuangan air, danpembuatan DAM pengendali, c. Metode Kimia, kelompok petani melakanakankonservasi tanah berupa: pemakaian bahan pemantap tanah (Soil Conditioner).

Untuk meningkatkan partisipasi petani dalam mengelola konservasi tanahhendaknya Kelompok petani di Desa Medini Kecamatan Undaan dapatekerjasama dengan petugas penyuluhan pertanian lapangan (pemerintahanmaupun instansi yang terkait) untuk memberikan penyuluhan pertanian kepadapetani lain, bahwa pertanian itu tidak lepas dari masalah konservasi tanah,sehingga petani diharapkan bisa menjaga dan merawat lahan pertanian mereka.

Download

Partisipasi Kelompok Petani Dalam Usaha Konservasi Tanah Di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, 4.8 out of 5 based on 114 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets