PEGARUH PENANAMAN DISIPLIN TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA PRASEKOLAH

This item was filled under [ Uncategorized ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan PENDIDIKAN GURU TAMAN KANAK-KANAK: PEGARUH PENANAMAN DISIPLIN TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA PRASEKOLAH

Syarifatul ulfah. 2006. skripsi Jurusan PENDIDIKAN GURU TAMAN KANAK-KANAK FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2 0 0 6

Kenyataan yang ada di masyarakat ada taman kanak-kanak yang menerapkan dan menetapkan peraturan dan ada juga taman kanak-kanak yang memberikan kebebasan kepada anak didiknya untuk melakukan sesuatu sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga merangsang imajinasinya untuk menghasilkan produk-produk kreatifnya. Kreativitas tersebut diharapkan tidak bertentangan dengan disiplin yang perlu diterapkan pada anak usia dini. Akan tetapi, kenyataanya disiplin sering ditafsirkan sama dengan hukuman yang merupakan alat efektif untuk menegakkan disiplin dengan tujuan agar anak dapat bertingkah laku sesuai dengan aturan yang berlaku.

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penanamn disiplin terhadap kretivitas anak usia prasekolah.
Disiplin memiliki lima unsur pokok yaitu (1) peraturan, (2) kebiasaan, (3) hukuman, (4) penghargaan, dan (5) konsistensi. Tujuan dari peraturan adalah membekali anak dengan pedoman perilaku yang disetujui dalam situasi tertentu.
Kreativitas tidak bertentangan dengan disiplin dan mengikuti peraturan yang ditentukan. Kreativitas tidak berarti kebebasan untuk melakukan segala sesuatu dengan semaunya. Anak usia prasekolahpun harus belajar disiplin dan mengikuti norma-norma dan aturan-aturan yang ditentukan di rumah, sekolah, dan masyarakat. Hal-hal yang mendukung kreativitas yang berkaitan dengan disiplin adalah: (1) kemampuan bekerja keras, (2) berpikir mandiri, dan (3) pantang menyerah.
Cara penanaman yang umumnya digunakan yaitu disiplin negatif dan disiplin positif. Sedangkan menurut Hurlock dalam bukunya Perkembangan Anak, cara menanamkan disiplin ada tiga yaitu: (1) disiplin otoriter, (2) disiplin permisif, dan (3) disiplin demokratis. Faktor-faktor yang mempengaruhi cara penanamn displin yaitu: (1) kesamaan dengan disiplin yang digunakan orang tua, (2) penyesuaian dengan cara yang disetujui kelompok, (3) usia orang tua dan guru, (4) pendidikan untuk menjadi orang tua dan guru, (5) jenis kelamin, (6) status sosioekonomi, (7) konsep mengenai orang dewasa (8) jenis kelamin anak, (9) usia anak dan (10) situasi.
Menanamkan disiplin secara otoriter dapat meyebabkan hubungan antara orang tua dan anak kurang harmonis dan anak kurang mendapatkan pengakuan dari orang tua sehingga anak malas bahkan takut untuk berkreasi. 4
Disiplin secara permisif dengan memberikan kebebasan kepada anak menjadikan anak manja dan kehilangan kreativitasnya. Cara penanaman disiplin yang sesuai untuk digunakan adalah disiplin demokratis dengan memberikan penghargaan kepada anak dan adanya sikap terbuka menjadikan anak percaya diri tegas bersahabat dan dapat mendorong daya kreatif anak untuk berkembang.
Berdasarkan pemaparan dalam penulisan ini, beberapa saran yang sekiranya dapat dijadikan pertimbangan yaitu: (1) dalam mengembangan disiplin dan kreativitas hendaknya memperhatikan tahap perkembangan anak, (2) dalam menanamkan disiplin sebaiknya menggunakan disipin demokratis.

Download

PEGARUH PENANAMAN DISIPLIN TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA PRASEKOLAH, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
Tagged with: [ , , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets