Pelaksanaan kendali mutu terpadu pada bagian produksi PT. Suyuti Sido Maju Klaten

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: Pelaksanaan kendali mutu terpadu pada bagian produksi PT. Suyuti Sido Maju Klaten

Yanta Sutapa. 2006. Skripsi tknik mesin, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Mutu atau kualitas merupakan faktor utama yang paling mempengaruhi pelanggan dalam memilih jasa atau produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Berdasarkan hal tersebut maka perusahaan perlu dan harus melaksanakan kendali mutu untuk menjaga dan meningkatkan mutu produk atau jasa yang dihasilkan agar pelanggan mendapat kepuasan dan tetap loyal untuk membeli produk yang dihasilkan, sehingga kesehatan, pertumbuhan dan kelangsungan hidup bisnis perusahaan akan tetap terjaga.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi pelaksanaan kendali mutu pada bagian produksi PT. Suyuti Sido Maju Klaten berserta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya.
Variabel penelitian ini adalah kondisi pelaksanaan kendali mutu pada bagian produksi PT. Suyuti Sido Maju Klaten yang terbagi menjadi empat tahapan, antara lain tahap peleburan, tahap pengecoran, tahap pembersihan dan perlakuan panas dan tahap pengerjaan akhir. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan proses reduksi data, sajian data dan verifikasi data dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang dapat disimpulkan setelah melaksananakan penelitian adalah kondisi pengendalian mutu PT. Suyuti Sido Maju Klaten terkendali (80 % proses produksi terkendali). Dua tahapan dalam kondisi terkendali yaitu tahap peleburan (81 % terkendali) dan tahap pengerjaan akhir (91 % terkendali). Dua tahapan dalam kondisi cukup terkendali yaitu tahap pengecoran (75 % cukup terkendali) dan tahap pembersihan dan perlakuan panas (73 % cukup terkendali). Faktor pendukung kendali mutu antara lain penggunaan dapur listrik, inti dari pasir resin, bahan pola dari aluminium, penggunaan mesin pembersih coran, mesin bubut otomatis, mesin bor berporos majemuk dan memiliki tiga tenaga ahli. Faktor penghambat kendali mutu antara lain bahan baku berkualitas rendah, tidak diseleksi dan tidak dibersihkan, tidak memiliki alat pengukur suhu cairan dan laboratorium pengujian, pengolahan pasir cetak kurang sesuai standar, dapur perlakuan panas berbahan bakar minyak, pencampuran coran saat dibersihkan dan mesin kurang terawat.
Saran untuk memperbaiki tahapan yang belum terkendali adalah sebaiknya perusahaan memperbaiki faktor-faktor penghambat kendali mutu dengan menerapkan standar keja yang benar dan menyempurnakan menejemen produksi agar siklus PDCA dan primsip kerja 5R dapat berjalan dengan lancar

Download

Pelaksanaan kendali mutu terpadu pada bagian produksi PT. Suyuti Sido Maju Klaten, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets