Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Bidang Tata Busana Kelas III di SMPN 03 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2005.

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Bidang Tata Busana Kelas III di SMPN 03 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2005.

Yanti Faridah. 2005. Skripsi Teknologi Jasa Dan Produksi , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Keterampilan Tata Busana merupakan salah satu muatan lokal yang dilaksanakan di SMP N 03 Ungaran Kabupaten Semarang. Muatan lokal adalah pengetahuan mengenai isi dan bahan pelajaran yang ditetapkan oleh daerah atau lokal sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masing-masing. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan tata busana harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti peralatan, buku pendukung serta guru bidang studi.

Pelaksanaan pembelajaran keterampilan tata busana di SMP N 03 Ungaran belum didukung sarana dan prasarana sehingga bagaimana pelaksanaannya perlu adanya penelitian.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengumpulkan informasi tentang pelaksanaan muatan lokal keterampilan tata busana. Selain itu untuk mengetahui kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan keterampilan tata busana, sehingga dapat dijadikan masukan bagi sekolah maupun peneliti yang merupakan seorang calon guru yang nantinya akan terjun langsung ke lapangan (sekolah) maka diperlukan bekal yang cukup baik diperoleh dari bangku perkuliahan maupun diluar perkuliahan khususnya bidang tata busana sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
Penelitian dilakukan di SMP N 03 Ungaran Kabupaten Semarang dengan menggunakan beberapa informan seperti Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran dan beberapa siswa. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan cara sample bertujuan ( purposive sample ) yaitu cara pengambilan informan yang bukan didasarkan oleh strata, random, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu untuk memenuhi kebutuhan informasi sesuai dengan masalah penelitian.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana peneliti bertindak sebagai instrumen yang terjun langsung ke lapangan dengan metode penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara induktif melalui serangkaian proses yaitu reduksi, klasifikasi data, interprestasi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan tata busana cocok diterapkan di SMP N 03 Ungaran karena kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan yang mendukung. Komponen-komponen dalam pelaksanaan proses belajar mengajar keterampilan tata busana sudah diterapkan dengan baik melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan tata busana pada SMP N 03 Ungaran yaitu pengaturan

Download

Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Bidang Tata Busana Kelas III di SMPN 03 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2005. , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets