PELAKSANAAN PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN METODE SOLFEGIO DI KELAS IV UNGGULAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN 01-03-06 KABUPATEN SEMARANG

This item was filled under [ sendratasik ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (30 votes cast)

skripsi JURUSAN sendratasik : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN METODE SOLFEGIO DI KELAS IV UNGGULAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN 01-03-06 KABUPATEN SEMARANG

Hanjrah Sri Mumpuni . 2006. Skripsi JURUSAN sendratasik ,FAKULTAS BAHASA DAN SENI , Universitas Negeri Semarang.

Kebutuhan untuk selalu belajar sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia yang ingin memuaskan rasa ingin tahunya. Dalam proses belajar itu terintegrasi komponen-komponen yang bertujuan untuk memperoleh hasil optimal. Latar belakang penelitian ini muncul karena adanya pelaksanaan pembelajaran vokal yang keliru, sehingga menyebabkan siswa sering menyanyi dengan nada dan teknik yang tidak tepat. Kekeliruan pembelajaran ini ternyata disebabkan oleh karena sejak awal kelas I, pelajaran seni musik tidak diajar oleh guru yang kompeten dibidangnya dan baru setelah masuk di kelas IV unggulan SDN Ungaran 01-03-06 pelajaran seni musik diajar oleh guru bidang studi.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah adalah tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran vokal dengan metode solfegio dan faktor- faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran vokal dengan metode solfegio di kelas IV Unggulan SDN Ungaran 01-03-06.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran vokal dengan metode solfegio beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya yang diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan vokal siswa kelas IV Unggulan semester II SDN Ungaran 01-03-06 tahun pelajaran 2006 – 2007.
Metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi partisipasi , wawancara dan dokumentasi baik berupa foto-foto maupun dokumen tertulis dari sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran vokal di SD dibutuhkan metode solfegio yang sesuai dengan standart kompetensi kurikulum 2004, (2) Penggunaan metode solfegio dapat meningkatkan kemampuan vokal siswa kelas IV ungulan SDN Ungaran 01-03-06.(3). Pelaksanaan pembelajaran Kertangkes di SD harus diciptakan Proses
Belajar Mengajar (PBM) secara aktif, kreatif dengan memanfaatkan sarana/ sumber belajar yang ada. Guru dipacu untuk lebih kreatif dalam mengadakan pendekatan pembelajaran vokal dengan metode solfegio, agar menghasilkan kemampuan vokal yang lebih maksimal bagi siswa. Faktor – faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PBM adalah faktor bakat, minat, kebiasaan masa lalu yang keliru dan kelelahan fisik.
Kesimpulan dan saran dari penelitian adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran vokal dengan menggunakan metode solfegio sangat tepat, karena membantu meningkatkan kemampuan vokal siswa. Saran yang diberikan setelah penelitian ini selesai adalah (1) membiasakan semua guru kelas dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 mengajarkan setiap lagu baru dengan notasinya bukan hanya menyanyikan syairnya saja, (2) menggunakan teknik-teknik pembelajaran yang lebih kreatif dan menarik agar mampu meminimalis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PBM.

Download

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN METODE SOLFEGIO DI KELAS IV UNGGULAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN 01-03-06 KABUPATEN SEMARANG, 4.9 out of 5 based on 30 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN METODE SOLFEGIO DI KELAS IV UNGGULAN SEKOLAH DASAR NEGERI UNGARAN 01-03-06 KABUPATEN SEMARANG”

  • 2 November, 2012, 11:49

    siippp

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets