Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Atas Tanah dengan Status Hak Milik karena Jual Beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Atas Tanah dengan Status Hak Milik karena Jual Beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes

Nisa El Hikmah. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Peralihan hak milik atas tanah yang dikarenakan jual beli tanah merupakansuatu perbuatan hukum yang sengaja dilakukan oleh sastu pihak dengan maksuduntuk memindahkan hak milik atas tanahnya kepada orang lain. Di manaberpindahnya hak milik atas tanah tersebut diinginkan oleh kedua belah pihak melaluijual beli.

Hak milik, demikian pula setiap peralihan haknya, hapusnya hak, yangdikarenakan jual beli, harus didaftarkan pada Kantor Pertanahan setempat khususnyaKantor Pertanahan Kabupaten Brebes. Hal ini sesuai dengan Peraturan PemerintahNomor 24 Tahun 1997, yang merupakan pelaksana dari pasal 19 Undang-UndangPokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960.

Pendaftaran peralihan hak milik atas tanah adalah kegiatan pencatatanmengenai peralihan hak atas tanah. Pencatatan peralihan hak atas tanah adalah suatukegiatan pencatatan administrasi / yuridis bahkan kadang teknis atas beralihnya /berpindahnya kepemilikan suatu bidang tanah dari satu pihak ke pihak lain. Di manadalam menyelenggarakan pendaftaran peralihan hak atas tanah ini, pencatatanadministrasinya dibukukan ke dalam daftar isian. Daftar isian yang dimaksud di siniadalah daftar-daftar yang dipergunakan untuk melakukan pencatatan administrasimengenai pendaftaran peralihan hak atas tanah tersebut.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanapelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan status hak milik karena jualbeli di Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes ? (2) Hambatan-hambatan apa yangterjadi dalam pelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan status hakmilik karena jual beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes?.

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaanpendaftaran peralihan hak atas tanah dengan status hak milik karena jual beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes. (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatanang terjadi dalam pelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan statushak milik karena jual beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode wawancara, metode observasi, metode kepustakaan,. Dalam penelitian inimetode analisis data yang digunakan adalah model analisis kualitatif, karenapenelitian yang dilakukan bersifat deskriptif. Model analisis data tersebut esuaiuntuk menggambarkan tentang pelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanahdengan status hak milik karena jual beli.

Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap peralihan hak milik atas tanahmelalui jual beli, setelah dilakukan peralihan haknya oleh PPAT setempat yangdibuktikan dengan akta jual beli, selanjutnya PPAT yang besangkutan dalam waktu 7hari kerja sejak penandatanganan akta yang bersangkutan, wajib mendaftarkanperalihan hak atas tanah tersebut pada Kantor Pertanahan setempat khususnya KantorPertanahan Kabupaten Brebes dengan membawa berkas-berkas pemohon yangdiperlukan. Dalam memberikan pelayanannya melalu sistem loket yang telahdisediakan dan pencatatan atau pembukuannya dicatat dalam daftar isian.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaanpendaftaran peralihan hak atas tanah dengan status hak milik karena jual beli diKantor Pertanahan Kabupaten Brebes cukup baik. Hal ini dikarenakan dalampelaksanaannya sesuai dengan tata laksana dan ketentuan yang sudah ditentukan,yang dilaksanakan oleh Sub Seksi Peralihan Hak, Pembebanan dan PPAT, sertaadanya hubungan kerja sama yang baik antara pihak PPAT dengan Kantor PertanahanKabupaten Brebes, dalam hal ini Sub Seksi Peralihan Hak, pembebanan dan PPAT.Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yangmengakibatkan pelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanah berkesan lambatatau kurang lancar, yakni dari faktor intern (dalam hal ini Kantor PertanahanKabupaten Brebes), dan dari faktor ekstern (dalam hal ini masyarakat KabupatenBrebes sendiri).

Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya meningkatkan jumlahpegawai/tenaga ahli yang menangani pendaftaran peralihan hak atas tanah. Hal inidilakukan agar kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes berkesan sangat baikdan lancar dan juga untuk masyarakat Kabupaten Brebes hendaknya ketika akanmelakukan peralihan hak atas tanahnya melalui jual beli, harus dilakukan dihadapanPPAT setempat sekaligus dilakukan pendaftaran peralihan haknya pada KantorPertanahan Kabupaten Brebes. Hal ini dilakukan agar peralihan hak tersebutmendapat jaminan kepastian hukum dan kekuatan hukum.

Download

Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Atas Tanah dengan Status Hak Milik karena Jual Beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets