Pemancar FM Dengan Osilator PLL (PhaseLock Loop).

This item was filled under [ Pendidikan elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: Pemancar FM Dengan Osilator PLL (PhaseLock Loop).

M. Kasirin Jamain. 2006. Skripsi Teknik Elektro , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Tujuan dari pemancar FM (Frekuensi Modulasi) adalah untuk merubahsatu atau lebih sinyal input yang berupa frekuensi audio (AF) menjadi gelombangtermodulasi dalam sinyal RF (Radio Frekuensi) yang dimaksudkan sebagai outputdaya yang kemudian diumpankan ke sistem antena untuk dipancarkan. Dalambentuk sederhana dapat dipisahkan atas modulator FM dan sebuah poweramplifier RF dalam satu unit. Kestabilan frekuensi dari osilator direct FM tidakcukup bagus, untuk itu dibutuhkan Phase Lock Loop (PLL) yang menggunakansebuah kristal osilator stabil sebagai frekuensi referensi. Simpal pengunci fasa[phase-locked loop (PLL)] adalah simpal umpan balik dengan alat pendeteksifasa, penapis pelewat rendah, penguat dan osilator yang dikendalikan tegangan[voltage contrroled oscilator (VCO)]. Pengangkatan judul “PEMANCAR FMDENGAN OSILATOR PLL (PHASE LOCKED LOOP)”, karena melihat betapapentingnya sifat dari PLL ini dimanfaatkan untuk membentuk suatu sistem yangdapat menghasilkan frekuensi keluaran yang stabil dengan membandingkan bedafasa antara frekuensi referensi yang sangat stabil dengan keluaran yang diumpanbalikkan.

Daya yang dihasilkan pesawat pemancar FM ini sebesar 0.5 Watt, dayapancar mencapai jarak ± 400 meter menggunakan antena groundplane 5/8Ȝ, dankabel transmisi menggunakan kabel merk Belden tipe 50ȍ, dengan ketinggianantena sekitar 5 Meter dari permukaan tanah.
Sistem pemancar FM dengan osilator PLL ini akan bekerja dengan baik,bila frekuensi VCO sama dengan frekuensi acuan yang juga masuk ke detektorfasa. Dengan demikian alat detektor fasa mempunyai dua masukan denganfrekuensi yang sama. Bila frekuensi masukannya berubah, maka frekuensi VCOakan melacaknya. Secara otomatis PLL membetulkan frekuensi dan sudut fasaVCO.
Untuk meningkatkan kinerja sistem pemancar FM, dibutuhkan responyang seragam terhadap frekuensi audio, distorsi dengan amplitudo sangat rendah,dan tingkat noise yang sangat rendah.

Download

Pemancar FM Dengan Osilator PLL (PhaseLock Loop)., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets