Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Pada Busana Kreasi Baru

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknologi jasa dan produksi: Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Pada Busana Kreasi Baru.

Denok Suci Oktawiyanti, 2006. Skripsi teknologi jasa dan produksi, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Gelas plastik merupakan tempat air minum yang terbuat dari bahan multiguna yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari–hari. Plastik juga sudah banyak diwujudkan dalam bentuk busana, walaupun dalam presentasi kecil, contohnya seperti mantel, jas hujan, tas, aksesoris dan lain – lain. Hiasan dan korsase ( dari plastik ) akan memperindah busana kreasi baru dari bahan gelas plastik. Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini adalah (1) Bagaimanakah pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik ? (2) Bagaimanakah cara pemeliharaan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik.
Manfaat yang diperoleh dalam tugas akhir ini adalah mengembangkan kreativitas dan inovatif tentang pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik bagi penulis serta sebagai bahan informasi bagi jurusan bahwa gelas plastik dapat dimanfaatkan sebagai bahan busana yang unik dan kreatif.
Proses pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik secara keseluruhan dimulai dari mendesain model, yaitu persiapan bahan dan alat (penulisan bahan, persiapan alat untuk proses pembuatan, pengecatan pada gelas plastik) dan proses pembuatan mengambil ukuran, membuat pola dan merubah sesuai model, memotong, menjelujur, mengepas I, menjahit dan penyelesaian.
Hasil busana kreasi baru yaitu model busana yang terdiri dari camisol dan rok. Kesulitan pembuatan busana ini pada pemasangan hiasan gelas plastik yaitu bahan utama rok, sudah dijahit pada bagian sisi, tengah belakang dan ritsleting sudah terpasang selanjutnya hiasan gelas plastik dipasang serta dijahit.
Lamanya pembuatan busana ini memerlukan waktu 11/2 – 2 bulan karena lamanya proses pengecatan sehingga menghabiskan biaya Rp1.591.800. Pada camisol dan rok terdapat gelas plastik yang sudah dicat dan dijahit dengan penataan melingkar seperti bunga gerbera
Pembuatan busana kreasi baru dari limbah gelas plastik memerlukan waktu relatif lama terutama dalam mengecat gelas plastik sehingga diperlukan ketelitian dan kesabaran. Pemeliharaan busana kreasi baru ini harus teliti dengan penyimpananya diruang yang longgar/tidak sempit, hindari udara lembab dan panas, dan secara periodic dikeluarkan guna diangin-anginkan.

Download

Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Pada Busana Kreasi Baru, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets