PEMANTAUAN TRAFIK DAN PREDIKSI PENERIMAAN LEVEL SINYAL PADA PROPAGASI SINYAL RADIO MOBILE

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (24 votes cast)

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Sekarang ini hampir semua instrumen telekomunikasi bergerak menggunakan teknologi yang berbasis selluler. Sistem Telekomunikasi bergerak berbasis selluler menawarkan kelebihan dibandingkan dengan Sistem Wireline (jaringan kabel), yaitu mobilitas sehingga pengguna dapat bergerak kemanapun selama masih dalam cakupan layanan Operator.

Tetapi dalam penerapannya sistem ini juga memiliki keterbatasan – keterbatasan diantaranya terbatasnya kanal pembicaraan seiring dengan banyaknya jumlah pelanggan teknologi komunikasi seluler, sehingga mengakibatkan apa yang disebut dengan block call yang pada tahun baru kemarin terjadi pada jaringan milik PT Telkomsel. Selain itu masalah penerimaan sinyal RF (Radio Frekuensi) juga menjadi faktor yang sangat penting dalam sistem komunikasi Wireless. Rendahnya kualitas level sinyal penerima ini yang mengakibatkan sering terjadinya kegagalan proses panggilan atau biasa yang disebut dengan Drop call.

Oleh karena itu perlu dilakukan proses monitoring dan analisa yang berkelanjutan guna memantau kinerja sistem ini. Dari analisa trafik tersebut dapat dilihat letak permasalahan yang mengakibatkan buruknya performansi suatu jaringan Telekomunikasi.

1

1.2. Batasan Masalah

  1. Laporan Tugas Akhir ini hanya membatasi permasalahan tentang Trafik dalam sistim telekomunikasi selluler.
  2. Mengatasi permasalahan yang terjadi dalam jaringan komunikasi khususnya dalam hal penerimaan radio frekuensi.

1.3. Tujuan Penelitian

Menganallisa data trafik beserta parameter – parameter yang ada dalam sebuah sistem seluler berbasis teknologi GSM Khususnya BSC Semarang – 1 guna mengetahui permasalahan yang ditimbul beserta usulan perbaikan kinerja sistem.

1.4. Metode Penulisan

Dalam penyusunan Laporan TA ini, digunakan beberapa metode, antara lain :

  1. 1. Metode Study Literatur.

Mengambil dan mengumpulkan teori-teori dasar serta teori pendukung dari berbagai sumber, terutama meminta data dari pihak Telkomsel, buku-buku referensi dan situs-situs dari internet tentang apa-apa yang menunjang dalam analisa ini.

  1. 2. Metode Observasi.

Beserta pembimbing dan rekan – rekan teknisi lapangan dari devisi NO PT TELKOMSEL, mengadakan kunjungan langsung ke lapangan untuk mengamati dan mengadakan observasi secara langsung tentang perangkat – perangkat yang digunakan oleh TELKOMSEL seperti pada MSC, BSC, TRAU, BTS, MMU, SMU, OMC, Radio Link, dan masih banyak lagi peralatan yang lain.

  1. 3. Metode Konsultasi.

Melakukan konsultasi dengan pembimbing TA dan rekan – rekan teknisi lapangan, untuk memperoleh gambaran dan penjelasan tentang berbagai macam hal mengenai teknologi GSM dan sistem yang digunakan di PT TELKOMSEL.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

PEMANTAUAN TRAFIK DAN PREDIKSI PENERIMAAN LEVEL SINYAL PADA PROPAGASI SINYAL RADIO MOBILE, 5.0 out of 5 based on 24 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets