“Pembelajaran Pengenalan Sains Sederhana (Pengukuran) Dengan Bermain Sambil Belajar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Siswa TK Negeri Semarang”

This item was filled under [ Fisika, Pendidikan Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika: “Pembelajaran Pengenalan Sains Sederhana (Pengukuran) Dengan Bermain Sambil Belajar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Siswa TK Negeri Semarang”

Setianingsih, Diah. 2007. Skripsi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Telah dilaksanakan penelitian tentang pembelajaran pengenalan sains sederhana (pengukuran) dengan bermain sambil belajar untuk melatih kemampuan berpikir siswa di TK Negeri Semarang. Dalam pelaksanaan Kurikulum 2004 Taman Kanak-kanak dan Raudlatul Athfal, guru mengalami kesulitan terutama untuk mengenalkan konsep sains sederhana. Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka pembelajaran sains di TK dapat dilakukan melalui kegiatan bermain dengan pendekatan bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran pengenalan sains sederhana pada materi pengukuran dengan bermain sambil belajar dapat melatih kemampuan berpikir dan bagaimana pelaksanaannya.

Bermain merupakan pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada anak-anak usia TK/RA. Dengan bermain, anak dapat mengekspresikan berbagai perasaan, ide-ide yang sedang dipikirkan dan mengembangkan daya kreativitas serta kemampuan berpikirnya. Dengan demikian, penerapan metode bermain dengan pendekatan bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain dapat memberikan kesempatan pada anak untuk melatih kemampuan berpikir baik kritis maupun kreatif.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Sedangkan untuk kemampuan berpikir diperoleh dari hasil observasi pada lembar evaluasi bermain sambil belajar yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berupa gambar-gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pengenalan sains sederhana pada materi pengukuran dengan bermain sambil belajar dapat melatih kemampuan berpikir. Hasil belajar kognitif yang berupa kemampuan berpikir, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik dari siklus I ke siklus II meningkat secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai thitung dengan nilai ttabel, dimana untuk masing-masing aspek diperoleh thitung lebih besar dari ttabel.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pengenalan sains sederhana dengan bermain sambil belajar dapat melatih kemampuan berpikir dan meningkatkan hasil belajar siswa TK Negeri Semarang. Bagi guru TK hendaknya menambah jumlah alat yang sejenis sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran siswa tidak harus saling bergantian. Bagi sekolah hendaknya memacu kreativitas guru untuk membuat alat peraga sederhana sendiri.

Download

"Pembelajaran Pengenalan Sains Sederhana (Pengukuran) Dengan Bermain Sambil Belajar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Siswa TK Negeri Semarang", 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets