Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pokok Bahasan Suhu dan Pemuaian

This item was filled under [ Pendidikan Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan fisika: Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pokok Bahasan Suhu dan Pemuaian

Subagyo, Yusup. 2007. Skripsi fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Belajar sains khususnya fisika yang berhubungan dengan gejala alam termasuk materi dan energi tidak hanya sekadar mengingat dan memahami konsep yang ditemukan oleh ilmuwan. Akan tetapi, yang lebih penting adalah pembiasaan perilaku ilmuwan dalam menemukan konsep yang dilakukan melalui percobaan dan penelitian ilmiah. Tuntutan kompetensi dalam kurikulum meliputi tiga aspek penting yang harus dimiliki siswa sebagai hasil belajar yaitu pemahaman konsep, keterampilan, dan sikap ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat mencakup ketiga aspek tersebut.

Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat menumbuhkan sikap ilmiah, untuk mengembangkan keterampilam-keterampilan mendasar sehingga konsep yang dipelajari mudah dipahami. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ketiga aspek tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode pre-post eksperimen tanpa control. Pre dan post tes dilakukan untuk melihat peningkatan pemahaman konsep siswa. Pengamatan keterampilan dan sikap ilmiah dilakukan dua kali awal dan akhir melalui kegiatan laboratorium berbasis inkuiri untuk melihat perubahannya.
Data penelitian diambil sebelum percobaan, selama percobaan, dan setelah percobaan. Hasil belajar yang menunjukkan pemahaman konsep yaitu pre tes diperoleh prosentase rata-rata sebesar 51%, post tes 61,17%, dan gain sebesar 0,219 (low-gain). Hasil belajar keterampilan proses, pengamatan awal diperoleh prosentase rata-rata sebesar 54%, pengamatan akhir 76%, dan gain sebesar 0,478 (medium-gain). Hasil pengamatan sikap ilmiah awal siswa diperoleh prosentase rata-rata sebesar 55%, pengamatan akhir 67%, dan gain sebesar 0,267 (low-gain).
Kesimpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa pada penelitian ini mengalami peningkatan. Dengan pendekatan keterampilan proses melalui kegiatan laboratorium dapat menumbuhkan sikap ilmiah dan keterampilan –keterampilan mendasar siswa. Oleh karena itu, guru hendaknya dalam mengajar menggunakan pendekatan keterampilan proses yang melibatkan siswa aktif dalam kegiatan laboratorium agar hasil belajar siswa semakin meningkat.

Download

Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pokok Bahasan Suhu dan Pemuaian, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

â–¼

Powered By Blogger Widgets