PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG

This item was filled under [ sendratasik ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Sendratasik : PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG

CSH Rahayuningtyas , 2006, Skripsi Jurusan Sendratasik ,FAKULTAS BAHASA DAN SENI ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Penelitian ini berlatar belakang diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Seni Budaya Sub Materi Seni Musik untuk mencapai pengalaman estetika melalui apresiasi dan kreasi. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni budaya sub materi seni musik di SMA Kristen YSKI Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran seni budaya sub materi seni musik di SMA Kristen YSKI Semarang. Manfaat penelitian ini adalah : (1) bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan kreasi musik untuk mendapatkan pengalaman estetika, (2) bagi guru diharapkan dapat menggunakan model, strategi, pendekatan, metode serta teknik pengajaran yang tepat untuk meningkatkan apresiasi dan kreasi musik siswa menuju pada hakikat pendidikan seni budaya, (3) bagi kepustakaan sekolah diharapkan dapat menjadikan wacana dan menambah wawasan pengetahuan bagi pembaca serta masyarakat pada umumnya sehingga dapat mengembangkan apresiasi dan kreasi musik sebagai pengalaman estetika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan prosedur analisis pendekatan kualitatif yang meliputi reduksi data, kualifikasi data, penafsiran data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Setelah melalui proses analisis, kemudian data yang sudah jadi dideskripsikan secara kualitatif untuk mendapatkan simpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni budaya sub materi seni musik di SMA Kristen YSKI Semarang menggunakan model pembelajaran secara klasikal pada awal pelajaran dan pada kegiatan selanjutnya memvariasikan dengan strategi pembelajaran berkelompok. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan konsep yang selanjutnya mengarah pada pendekatan proses. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi kelompok, pemberian tugas dan latihan. Teknik pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas menggunakan tahap apersepsi, pembukaan materi, materi, dan evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam pembelajaran seni budaya sub materi seni musik menggunakan proses pembelajaran dengan tahap apersepsi,pembukaan materi, materi, dan evaluasi.

Download

PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets