PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNA RUNGU DI SLB BAGASKARA SRAGEN

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi JURUSAN Pendidikan Sendratasik: PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNA RUNGU DI SLB BAGASKARA SRAGEN

Novi Windri Hastanti. 2006. Skripsi JURUSAN Pendidikan Sendratasik FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Pembelajaran tari bagi kita sebagai orang normal merupakan hal yang biasa. Namun, pembelajaran tari bagi anak-anak yang menyandang tuna rungu menjadi suatu hal yang luar biasa. Pembelajaran tari di SLB memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan pembelajaran tari di sekolah-sekolah biasa. Hal ini disebabkan karena daya dengar siswa yang kurang. Para siswa kurang maksimal dalam menangkap instruksi dari guru. Walaupun memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, SLB Bagaskara dapat melaksanakan pembelajaran tari dengan cukup efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran seni tari pada SLB Bagaskara Sragen serta hambatan yang dialami dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar seni tari. Selain itu juga supaya anak senang dalam menerima pelajaran dan dapat menumbuhkan minat si anak dalam bidang tari serta mengetahui kesulitan-kesulitan yang diperoleh guru dalam mengajar seni tari.

Manfaatnya anak dapat menambah pengalaman dalam bidang kesenian khususnya seni tari, dan dapat melatih keberanian dan percaya diri melalui olah gerak (tari). Subyek penelitian ini adalah anak tuna rungu SLB Bagaskara Sragen. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Alat dan teknik pencatatan data pada penelitian ini adalah : catatan harian, wawancara, foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, klasifikasi data, interpretasi data, penyajian data, serta penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ialah deskripsi pembelajaran seni tari pada SLB Bagaskara. Pembelajaran seni tari bagi anak cacat tuna rungu di SLB Bagaskara Sragen meliputi tujuan, materi dan bahan, metode, media, dan evaluasi. Beberapa kesulitan yang dialami dalam pembelajaran tari ialah (a) siswa tidak memperhatikan pelajaran karena daya dengar siswa yang kurang, (b) para siswa juga tidak mempunyai bakat menari sehingga mereka kurang berminat untuk belajar tari, (c) jumlah siswa yang mengikuti tari tidak tetap, serta (d) media pembelajaran yang ada hanyalah tape recorder, di SLB Bagaskara tidak tersedia VCD player. Selain itu, ruang yang digunakan untuk pembelajaran tari adalah ruang serba guna yang juga digunakan untuk belajar sablon dan tenis meja.
Saran-saran yang dapat penulis kemukakan ialah (a) penggunaan metode dalam pembelajaran di SLB Bagaskara pada khususnya dan di SLB yang lain pada umumnya ini hendaknya lebih mengefektifkan metode demonstrasi, metode latihan dan metode tugas, (b) jumlah siswa yang mengikuti tari hendaknya ditetapkan, (c) sarana dan prasarana di SLB Bagaskara hendaknya dapat ditambah, serta (d) guru dapat meningkatkan minat siswa dengan cara memperlihatkan CD tari pada saat pembelajaran. Sehingga pembelajaran tari tidak hanya cukup dengan menggunakan tape recorder saja.

Download

PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNA RUNGU DI SLB BAGASKARA SRAGEN , 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets