PEMBINAAN AGAMA ISLAM TERHADAP LANJUT USIA

This item was filled under [ Pendidikan Agama Islam ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (50 votes cast)

Skripsi Pendidikan Agama Islam :PEMBINAAN AGAMA ISLAM TERHADAP LANJUT USIA (DI PANTI WREDHA BUDI DHARMA PONGGALAN UMBULHARJO YOGYAKARTA).

Oleh :
Nidaul Choiriah
0041 0397
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

Skripsi ini berjudul “PEMBINAAN AGAMA ISLAM TERHADAP LANJUT USIA DI PANTI WREDHA BUDI DHARMA PONGGALAN UMBULHARJO YOGYAKARTA”. Untuk menghindari kesalahpahaman dalam menginterpretasikan judul tersebut, maka penulis akan memberikan penegasan atau penjelasan demi adanya ketegasan istilah judul dan permasalahan yang akan dibahas, dengan merinci kata-kata sebagai berikut :

Pembinaan

Pembinaan adalah usaha atau tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara   berdaya guna dan  berhasil guna untuk memperoleh hasil yang baik.[1] Maksud pembinaan disini untuk membentuk pribadi muslim yang ideal, yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran perlu diadakan suatu usaha pembinaan yang maksimal agar tujuanya tercapai, yaitu bahagia dunia dan akherat. Khususnya disini bagi lanjut usia yang menghabiskan sisa usianya di Panti Wredha Budi Dharma Ponggalan Umbulharjo Yogyakarta. Dalam kondisi yang tertekan, pemahaman agama yang kurang mereka sangat memerlukan pembinaan agama agar mereka merasa dekat dengan Tuhan sehingga tentramlah hatinya.

Agama Islam

Menurut Abu Ahmadi dalam bukunya Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam (1994),  agama Islam adalah risalah yang disampaikan kepada Nabi sebagai petunjuk bagi manusia dan hukum-hukum sempurna untuk dipergunakan manusia dalam menyelenggarakan tata cara hidup yang nyata serta mengatur hubungan dengan dan tanggung jawab kepada Allah.[2]

Agama Islam adalah agama Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad untuk diteruskan kepada seluruh umat manusia yang mengandung ketentuan-ketentuan ibadah muamalah (syariah), yang menentukan proses berfikir, marasa, berbuat, dan proses terbentuknya kata hati.[3]

Adapun yang dimaksud pembinaan agama Islam dalam judul tersebut adalah segala usaha dan kegiatan yang dilakukan Panti Wredha Budi Dharma, secara sistematis dan terencana mendidik dan mengarahkan obyek jamaah lanjut usia yang beragama Islam agar mereka mampu mengadakan perubahan, perbaikan, peningkatan dan pengalaman-pengalaman terhadap ajaran agama Islam sasuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist. Khususnya dalam berakhidah dan beribadah.

Lanjut Usia

Lanjut usia adalah berarti pula para orang jompo. Dalam kamus umum Bahasa Indonesia, orang jompo adalah orang yang sudah tua.[4]

Adapun kriteria lanjut usia atau  orang jompo di Panti Wredha Budi Dharma adalah :

  1. Berusia 60 th keatas.
  2. Tidak mampu mencari nafkah untuk keperluan hidup sehari-hari .
  3. Tidak mempunyai sanak saudara yang dapat memberikan bantuan kelangsungan hidupnya
  4. d. Panti Wredha Budi Dharma Ponggalan Umbulharjo Yogyakarta

Panti Wredha Budi Dharma adalah sebuah unit pelaksanaan teknis Dinas Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Tingkat Pemerintah Daerah Yogyakarta yang memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat khususnya yang kurang beruntung. Secara sosial dan cuma-cuma, panti ini memberikan pelayanan terhadap lanjut usia. Di tempat ini para lanjut usia mendapatkan cinta kasih, perawatan jasmani dan rohani, sehingga mereka dapat menikmati hari tuanya dan mendapatkan ketentraman lahir dan batin.

Panti Wredha Budi Dharma terletak di Ponggalan Umbulharjo VII 203 Yogyakarta. Jumlah klien di panti tersebut adalah  60 orang,  dengan mayoritas klien  beragama Islam yang berjumlah 57 orang. Sejak berdiri sampai sekarang panti ini  telah banyak mengalami perkembangan dan kemajuan berkat dukungan dan dorongan berbagai pihak.

Berdasarkan istilah tersebut maka penulis tegaskan bahwa maksud judul diatas adalah suatu penelitian tentang usaha atau kegiatan yang dilaksanakan oleh para pembina agama di Panti Wredha Budi Dharma yang berupa bimbingan terutama agama Islam yang diberikan kepada sekelompok lanjut usia  dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan sikap, perbuatan dan tingkah laku agar selaras dan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Dalam penelitian ini penulis batasi pada kegiatan pelaksanaan pembinaan agama Islam yang meliputi, kegiatan pembinaan agama Islam, dasar dan tujuan, subyek dan obyek, materi dan metode pembinaan agama Islam, keberhasilan pembinaan agama Islam.

Untuk mendownload silkan klik link di bawah ini

Download di sini

PEMBINAAN AGAMA ISLAM TERHADAP LANJUT USIA, 4.8 out of 5 based on 50 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “PEMBINAAN AGAMA ISLAM TERHADAP LANJUT USIA”

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets