Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

Ririen Agustiningsih. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Anak sejak dini membutuhkan pembinaan moral, sikap dan perilaku agar nantinyatidak terseret arus yang menyesatkan. Panti Pamardi Putra Mandiri turutmembantu dalam upaya pembinaan moral anak nakal, eks korban penyalahgunaaNapza dan anak jalanan, dengan tujuan mampu berfungsi sosial secara wajardalam tatanan kehidupan dan penghidupan masyarakat sekitar.

Permasalahan yang dikaji adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaanpembinaan moral anak di Panti Pamardi Putra Mandiri ? (2) faktor-faktor apakahyang mendorong pembinaan moral anak di Panti Pamardi Putra Mandiri ? (3)faktor-faktor apakah yang menghambat pembinaan moral anak di Panti PamardiPutra Mandiri? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk memperolehgambaran yang mendalam, komprehensif tentang pembinaan moral yangditerapkan di Panti Pamardi Putra Mandiri. (2) Untuk mengetahui faktor-faktoryang mendorong pembinaan moral yang diterapkan di Panti Pamardi Putraandiri. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pembinaan moraldi Panti Pamardi Putra Mandiri. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bergunabagi khasanah ilmu terutama bagi jurusan Hukum dan Kewarganegaraan dalammemberikan gambaran yang jelas mengenai pembinaan moral yang diterapkan diPanti Pamardi Putra Mandiri. Kegunaan bagi Panti sosail yaitu memberikansumbangan yang dapat digunakan dalam upaya peningkatan pembinaan moral.Kegunaan bagi anak yaitu untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimanaperbuatan yang baik atau buruk, yang benar atau salah, yang harus diketahuiuntuk dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasipenelitian di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan TembalangKota Semarang. Fokus penelitian ini adalah pembinaan moral anak, faktor yangmendorong dan faktor yang menghambat pembinaan moral di Panti Pamardi PutraMandiri. Sumber data penelitian adalah person (orang) yaitu Pimpinan,Petugas/Pembina dan Anak/klien di Panti Pamardi Putra Mandiri, dan dokumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber tertulis yang berupa buku,sumber arsip, dokumen resmi di Panti Pamardi Putra Mandiri. Metodepengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasidan metode dokumetasi. Keabsahan data diperoleh dengan metode triangulasi,yang kemudian dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian datadan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan moral di Panti PamardiPutra Mandiri tidak terlepas dari pembinaan keAgamaan atau mental spiritual.Anak/klien dibiasakan berperilaku berdasarkan nilai-nilai moral, harus salingmenghormati dan saling menyayangi. Faktor pembinaan moral berlatar belakangpada ajaran Agama Islam, motivasi anak, dukungan orang tua, dukunganlingkungan masyarakat dan dukungan dari pembina. Faktor penghambatembinaan moral yaitu pembina merasa kesulitan dalam membina anak jalanandan sarana tempat ibadah kurang mendukung.

Pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri menggunakan polakonsiderasi nilai yaitu focus utamanya terletak pada bagaimana memahamikebutuhan orang lain daripada upaya mengimbangkan kebutuhan-kebutuhantersebut ketika berkonflik dengan orang lain. Analisis nilai yaitu membantusubyek didik mempelajari proses pembuatan keputusan secara sistematik langkahdemi langkah. Perkembangan moral kognitif yaitu dengan tujuan membantusubyek didik berfikir dalam meningkatkan kemampuan dan pertimbangan moral.Pembina berusaha memberikan solusi terbaik dalam memecahkan masalah yangdihadapi anak. Pembina memberikan contoh dalam memberikan pembinaan penuhkedisiplinan, supaya anak dalam mengikuti pembinaan juga disiplin danmamatuhi semua peraturan yang ada di Panti. Faktor pendorong pembinaan moralyaitu motivasi anak, dukungan orang tua, lingkungan masyarakat, dan dukungandari pembina. Faktor penghambat yaitu pembina kesulitan dalam membina anakalanan yang terbiasa hidup di jalan tanpa ada aturan dan sarana tempat ibadahang kurang mendukung.

Saran yang diajukan adalah Panti Pamardi Putra Mandiri dapatmempertahankan dan berusaha untuk meningkatkan pembinaan moral agarmenjadi lebih baik. Cara yang digunakan didalam membina anak nakal, ekskorban penyalahgunaan Napza dan anak jalanan hendaknya dilakukan dengancara yang berbeda. Diharapkan pada anak hendaknya mengikuti pembinaandengan sungguh-sungguh dan berusaha menambah pengetahuan.

Download

Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets