Pembuatan Benda Kerja pada Mesin Frais CNC TU 3A Menggunakan Software CNC KELLER Q plus Berbasis Software AutoCAD 2000.

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: Pembuatan Benda Kerja pada Mesin Frais CNC TU 3A Menggunakan Software CNC KELLER Q plus Berbasis Software AutoCAD 2000.

Beno S. 2006. Skripsi.Teknik mesin, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat, termasuk di bidang industri dan multi media. Dengan kecanggihan teknologi tersebut dewasa ini dikembangkan komputer yang diaplikasikan kedalam mesin-mesin perkakas yang dikenal dengan mesin CNC (Computer Numerically Controlled). Selain itu juga banyak ditemukan software-software yang bermanfaat untuk dunia industri, misalnya AutoCAD, MasterCAM, CAD/CAM, CNC KELLER Q plus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mesin CNC memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mesin perkakas konvensional yang setaraf dan sejenis antara lain : lebih teliti, lebih presisi, fleksibel, cocok untuk produksi masal. Dengan kelebihan yang ada pada mesin CNC ini akan dicoba untuk membuat benda kerja dengan menggunakan mesin frais CNC TU 3A menggunakan softwareCNC Milling KELLER Q plus berbasis software AutoCAD 2000. Tujuan pembuatan benda kerja ini adalah : untuk mengetahui cara pentransferan gambar dari software AutoCAD ke software Cnc Milling KELLER Q plus, dan untuk mengetahui cara pentransferan program dari software CNC Milling KELLER Q plus ke mesin frais CNC TU 3A.
Pembuatan benda kerja ini menggunakan tiga media utama yaitu: software AutoCAD 2000, software CNC Milling KELLER Q plus, dan Mesin frais CNC TU 3A. Proses pembuatan benda kerja dimulai dari membuat desain benda kerja pada software AutoCAD yang kemudian disimpan pada disket melalui DFX data.
Desain benda kerja yang ada dalam disket kemudian ditransfer ke software CNC Millling KELLER Q plus melalui Geometry. didalam Geometry, desain benda kerja tersebut diatur dimensinya. Selesai dari Geometry desain benda kerja di masukkan dalam Work plan untuk diproses agar bisa disimulasikan dan dilihat dalam bentuk tiga dimensi, lalu disimpan. Dari Workplan desain benda kerja di pindah ke NC program untuk mengubah bahasa grafis menjadi bahasa numeric sehingga dapat di baca oleh mesin CNC. Dalam NC program ini dihasilkan kode-kode pemrograman untuk pembuatan benda kerja. Hasil pemrograman dari software CNC KELLER Q plus kemudian dicatat untuk dieksekusi pada mesin frais CNC TU 3A agar diperoleh benda kerja sesuai dengan desain yang ada pada AutoCAD.
Hasil pemrograman dari software CNC Milling KELLER Q plus tidak dapat langsung digunakan pada mesin frais TU 3A (EMCO), karena bahasa pemrograman yang dipakai berbeda. Bahasa pemrograman pada software CNC Milling KELLER Q plus menggunakan standar DIN 66025, sedang pada mesin frais CNC TU 3A (EMCO) menggunakan standar ISO, sehingga perlu dikonversikan terlebih dahulu..

Download

Pembuatan Benda Kerja pada Mesin Frais CNC TU 3A Menggunakan Software CNC KELLER Q plus Berbasis Software AutoCAD 2000. , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets