Pembuatan Busana Pagar Ayu Pengantin Jawa Tengah

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik Jasa Dan Produksi: Pembuatan Busana Pagar Ayu Pengantin Jawa Tengah

SUNARNI, 2006. Skripsi.Teknik Jasa Dan Produksi, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Busana Pagar Ayu Pengantin Jawa Tengah, biasanya digunakan dalam acara pernikahan khususnya Pengantin Jawa Tengah. Pemilihan model dan bahan busana pagar ayu harus berkualitas, agar memberikan kesan mewah dan menambah istimewa. Banyaknya acara pernikahan khususnya pernikahan Jawa Tengah mendorong penulis untuk menciptakan disain busana Pagar Ayu, yang dapat membantu para perias pengantin dalam memilih busana Pagar Ayu yang praktis dalam pemakaianya sehingga tidak memerlukan waktu yang lama. Tujuan pembuatan Tugas Akhir yaitu meningkatkan kreatifitas, mengetahui dan memahami pembuatan busana Pagar Ayu Pengantin Jawa Tengah. Manfaat Tugas Akhir yaitu mengembangkan wawasan dan ketrampilan membuat busana Pagar Ayu Pengantin Jawa Tengah, yang dapat dijadikan bahan informasi tentang proses pembuatan busana Pagar Ayu.

Proses pembuatan busana pagar ayu didisain terdiri dari kamisol dengan garis opnaisel, kebaya yang telah dimodifikasi dengan diberi bordiran dan payet, pada rok yang bagian belakangnya diberi dodotan, bagian bawah dibordir.
Pembuatan pola dengan menggunakan pola praktis, merancang bahan dan harga bertujuan dapat memperhitungkan banyaknya bahan dan biaya yang dibutuhkan. Kesimpulan yang diambil setelah selesai proses pembuatan busana Pagar Ayu Pengantin Jawa Tengah adalah dengan menggunakan metode eksperimen.
Dana yang dikeluarkan Rp 770.000-, waktu yang di perlukan sampai tahap penyelesaian adalah 9 hari. Saran yang dapat diberikan dalam pembuatan busana pagar ayu pengantin Jawa Tengah adalah untuk mencegah bahan sifon agar tidak berkerut maka tegangan jalanya benang pada mesin jahit harus dikendorkan.
Dalam pembuatan opnaisel terlebih dahulu harus menentukan jarak sebelum dijahit agar hasil yang diperoleh sama besar. Untuk kain batik dapat diganti dengan kain polos seperti kain satin, kain thaisilk, kain taveta, kain beledu dan lainya. Perawatanya dengan cara dicuci manual (dengan tangan), disimpan dalam almari dengan cara digantung.

Download

Pembuatan Busana Pagar Ayu Pengantin Jawa Tengah, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets