Pembuatan Busana Panggung dengan Hiasan Sisik Ikan

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

tugas akhit teknologi jasa dan produksi busana: Pembuatan Busana Panggung dengan Hiasan Sisik Ikan

Erna Sapitri, 2006, Tugas Akhir, teknologi jasa dan produksi busana, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Busana pada zaman dahulu berasal dari bahan-bahan alam seperti kulitpohon, akar, daun yang dibuat secara sederhana. Bahan yang bersumber dari alamdapat digunakan menjadi sesuatu yang baru yang menghasilkan produk yanglangka dan menarik. Bahan atau kain Taffeta merupakan bahan yang bisa dipakaidalam pembuatan busana panggung. Kain Taffeta mempunyai warna yangbermacam-macam dan memiliki ciri khas tertentu terutama pada kilaunya yangtidak dimiliki oleh kain lainnya. Busana panggung adalah segala sesuatu yangdipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki sebagai pelengkap pada saatpertunjukan diatas pentas atau panggung. Pembuatan busana panggung denganhiasan sisik akan dikombinasikan dengan kain sifon sehingga busana akan terlihatlebih menarik, glamour, dan anggun tidak kalah dengan busana panggung lainnya.Hiasan sisik biasanya digunakan dalam pembuatan hiasan dinding dan asesoriespada busana. Ternyata sisik ikan bisa dijadikan sebagai hiasan busana yangdibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi hiasan busana yang unik danmenarik

Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini adalah (1) Bagaimanadisain busana panggung dengan hiasan sisik ikan yang terdiri dari dua potong ?(2) Bagaimana proses pembuatan busana panggung dengan hiasan sisik ikan ? (3)Bagaimana cara pemeliharaan busana panggung dengan hiasan sisik ikan ?Tujuannya adalah mengetahui disain, proses pembuatan, serta cara pemeliharaanbusana panggung dengan hiasan sisik ikan.
Metode yang digunakan untuk menyusun Tugas Akhir ini adalah metodeobservasi dan eksperimen yang didukung metode kepustakaan.Proses pembuatan busana panggung dari sisik ikan secara keseluruhan mulaidari desain busana yaitu persiapan bahan dan alat, mengambil ukuran, membuatpola, merubah sesuai model, memotong, merader, membuat hiasan sisik ikan, danpenyelesaian.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam pembuatan busana panggung denganhiasan sisik ikan dengan nuansa laut menggunakan pola sistem Praktis, dalampemasangan sisik ikan memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi.Sedangkan cara pemeliharaanya yaitu secara kering (dry clean) dan carapenyimpanannya dengan digantung dan diberi kamper.
Saran yang diberikan dalam pembuatan busana panggung dengan hiasansisik ikan adalah pembuatan busana panggung dapat dikembangkan dengansumber ide yang lain tetapi masih bernuansa laut misalnya dengan kulit kerang,bintang laut, dan sebagainya.

Download

Pembuatan Busana Panggung dengan Hiasan Sisik Ikan, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets