PEMBUATAN BUSANA PANGGUNG DENGAN SUMBER IDE BUAH NAGA (HYLOCEREUS UNDATUS)

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi teknologi jasa dan produksi busana: PEMBUATAN BUSANA PANGGUNG DENGAN SUMBER IDE BUAH NAGA (HYLOCEREUS UNDATUS)

Neny Sugianti, Tugas Akhir teknologi jasa dan produksi busana, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Busana adalah segala sesuatu yang dikenakan seseorang mulai dari ujungrambut sampai ujung kaki, sedangkan Busana panggung adalah busana yangdigunakan pada saat pentas di panggung sebagai penutup tubuh juga sebagaipenarik simpati penonton atau dapat sebagai promosi busananya. Buah Naga(Hylocereus Undatus) adalah tanaman buah yang buahnya berwarna merahterang, bersisik hijau dan tumbuh di batang bersegi tiga yang mejulur panjang,bulat mengerucut dengan batang segitiga yang tak lazim, segi empat atau bahkanbanyak segi. Tubuhnya dihiasi banyak duri seperti lidah. Keunikan bentuk danwarna alaminya menjadikan buah ini sebagai sumber ide desain busana. Oehkarena keunikan bentuknya, penulis mencoba untuk menggunakan buah Nagasebagai sumber ide pembuatan busana panggung dalam bentuk busana muslim,karena penulis sadar bahwa sekarang ini mode busana panggung yang terbukalebih dominan dalam pemakaiannya, sehingga penulis ingin membuktikan jikabusana panggung dengan sumber ide buah Naga dalam bentuk busana muslimjuga dapat memberikan tampilan yang indah, unik, dan cantik.

Proses pembuatan busana panggung dengan sumber ide buah nagameliputi, membuat desain, menyediakan alat dan bahan, mengambil ukuran,membuat pola, membuat rancangan bahan dan harga, meletakkan pola di atasbahan, menggunting sesuai pola, memberi tanda jahitan, mengepas I, menjahitdiantaranya blus, rok dan ponco, finishing, mengepas II, hasil jadi busanapanggung.
Hasil yang harus diperhatikan dalam pembuatan busana panggung dengansumber ide buah naga ini adalah model yang cukup unik yang layak tampildengan penggunaan pola praktis, sedangkan bahan yang digunakan adalah kainglassnod dan beberapa bahan pembantu. Perawatan busana ini menggunakansistem pencucian dry cleaning.
Kesulitan yang dihadapi adalah saat pemasangan payet, karenapemasangannya pada langkah akhir, maka pemasangan payet pada kain utamayaitu pada rok, ponco, blus dan lengan tidak boleh menembus furing, jadidiperlukan ketelitian dan kesabaran yang cukup agar hasil bisa maksimal. Jumlahkeseluruhan biaya Rp. 860.000,- dengan memerlukan waktu 1 bulan.

Download

PEMBUATAN BUSANA PANGGUNG DENGAN SUMBER IDE BUAH NAGA (HYLOCEREUS UNDATUS), 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets