PEMBUATAN BUSANA PANGGUNG DENGAN SUMBER IDE BUNGA LILI

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan kimia: PEMBUATAN BUSANA PANGGUNG DENGAN SUMBER IDE BUNGA LILI

Robiatul Adawiyah, 2006. Skripsi kimia, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Latar belakang pembuatan busana panggung yaitu busana panggungmemiliki peran penting dalam sebuah pertunjukan karena secara tidak langsungpenonton mengamati busana yang dipakainya. Busana panggung menjadi pusatperhatian sesuai tema dan karakter dalam pertunjukan atau pementasan, misalnyaKontes Dangdut TPI (KDI), Akademi Fantasi Indosiar (AFI), Kondang In danIndonesian Idol. Permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah (1)bagaimana disain busana panggung dengan sumber ide bunga lili ? (2) Bagaimanaproses pembuatan busana panggung dengan sumber ide bunga lili ? (3)Bagaimana teknik penyelesaian busana panggung dengan sumber ide bunga lili ?Tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan tugas akhir ini adalah menciptakansuatu disain busana dengan sumber ide bunga lili, mengetahui cara pembuatanbusana dan korsase bunga lili, mengetahui hasil busana panggung dengan sumberide bunga lili. Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan busana panggung bagipenulis dan masyarakat bahwa bunga lili dapat dimanfaatkan sebagai sumber idepembuatan busana yang unik dan kreatif.

Proses pembuatan busana panggung secara keseluruhan ini dimulai darimendisain model. Busana panggung dengan sumber ide bunga lili ini berupa blusdan rok yang terdiri dari (1) bagian atas, untuk bagian atas berupa blus yang pasbadan, memakai kupnat dengan lengan panjang dan ujungnya diberi korsasebunga lili yang melingkar pada pergelangan tangan, untuk korsase bunga lili yangukuran besar diletakkan pada lingkar pinggang, bagian leher diberi border tepid andihiasi dengan payet; (2) bagian bawah (rok), pada bagian bawah berupa rokpanjang sampai lutut pas badan, bagian lutut dimasukkan 2 cm kemudiandikembangkan, bagian depan dipotong lengkung sebatas lutut kemudian dibordirtepi. Persiapan-persiapan dalam pembuatan busana ini adalah sebagai berikut;memahami disain busana, mempersiapkan alat berupa alat menggambar pola danalat membuat busana, mempersiapkan bahan yaitu bahan utama, bahan pelengkap,bahana pembantu. Mengambil ukuran. Sebelum mengambil ukuran harusmemperhatikan bentuk bahu, badan, pinggang dan pinggul. Orang yang akandiukur sebaiknya memakai busana yang pas badan agar ukuran yang diambildapat akurat. Membuat pola dengan system praktis, merancang bahan dan hargabertujuan agar dapat memperhitungkan banyaknya bahan dan biay yangdiperlukan. Membuat pola ukuran sebenarnya. Dalam pembuatan pola besartinggal mengutip dari pola ukuran kecil. Meletakkan pola di atas bahan yaitu polapolabesar diletakkan terlebih dahulu kemudian baru pola-pola yang kecil.
Menggunting kain sesuai dengan pola, memberi tanda jahitan dapat menggunakankarbon jahit, kapur jahit ataupun dengan cara dijelujur. Mengepas 1 agarmengetahui letak kesalahan busana panggung. Membordir, menjahit, tertib kerjamenjahit blus: menjahit kupnat bagian muka maupun belakang, menjahit sisi,menjahit bahu, memasang risliting, menjahit lengan, menjahit furing, menyatukanfuring dengan blus, tertib kerja menjahit rok : menjahit bagian sisi rok, memasangrisliting, menyatukan furing dengan rok, menjahit ban pinggang. Tertib kerjamembuat korsase bunga lili : menentukan ukuran kelopak bunga dan daun,membuat pola dan menempelkan pada kain, membordir, menyolder danmenggunting, memotong furing kelopak bunga dan menyatukan dengan bahanutama, memasang payet dan halon, memasang kawat dan merangkai menjadibunga lili.
Hasil busana panggung yaitu model busana yang terdiri dari blus dan rok.Pada blus bagian leher dibordir tepi dan dihiasi dengan payet. Sedang rok terdapathiasan berupa bordir tempel yang berbentuk daun dihiasi dengan payet dan halon.Pembuatan busana panggung dengan sumber ide bunga lili memerlukanwaktu yanag relatif, yaitu 30 hari dengan menghabiskan dana keseluruhan Rp.728.250,-. Perawatan busana panggung ini digantung dan disimpan dalam almari.

Download

PEMBUATAN BUSANA PANGGUNG DENGAN SUMBER IDE BUNGA LILI, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets