Pembuatan Busana Pengantin Muslimah Dengan Hiasan Kulit Bawang Putih

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik Jasa dan Produksi: Pembuatan Busana Pengantin Muslimah Dengan Hiasan Kulit Bawang Putih

Zul Peni Fahimah, 2006, Skripsi.Teknik Jasa dan Produksi, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Busana pengantin muslimah merupakan pakaian wanita penganut agama islam saat melaksanakan acara pernikahan. Pembuatan busana pengantin muslimah dengan kulit bawang putih sebagai hiasan agar busana pengantin tersebut menjadi mewah, menarik, indah dan memberi inovasi baru dalam dunia fashion. Kulit bawang putih yang biasanya dibuang begitu saja ternyata dapat dimanfaatkan sebagai hiasan busana pengantin muslimah. Adapun masalah dalam pembuatan busana pengantin muslimah dengan hiasan kulit bawang putih adaalah: (1). menciptakan desain busana pengantin muslimah dengan hiasan kulit bawang putih.(2). bagaimanan cara pembuatan busana muslimah dengan hiasan kulit bawang putih.(3). berapa biaya dan bahan yang diperlukan untuk pembuatan busana pengantin muslimah dengan hiasan kulit bawang putih. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menciptakan desain busana pengantin muslimah dengan hiasan kulit bawang putih. Mengetahui proses pembuatan busana pengantin muslimah dengan hiasan kulit bawang putih. Mengtahui cara pemeliharaan busana pengantin muslimah dengan kulit bawang putih.

Metode yang di gunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan membuat busana pengantin muslimah dengan hiasan kulit bawang putih. Proses pembuatan busana muslinah meliputi membuat disain, mempersiapkan bahan (Bahan utama kain tafeta, sifon, tuile, kulit bawang putih, kersase daundan bahan furing dari habute), mengambil ukuran, membuat pola dasar (pola mayneke), mengubah pola, merancang bahan dan harga, membuat pola sesungguhnya , memotong kain, merader, menjelujur, menjahit, membuat korsase/hiasan dari kulir bawang putih, melekatkan korsase/hiasan dan penyelesaian.Teknik penggunaan kampuh buka setik lepas, sehingga tiras tidak terlihat tebal dan kelihatan rapi.
Hasil pembuatan pengantin muslimah denngan menggunakan pola sistem meyneke dengan model gaun dengan garis hias berbentuk diagonal, lengan lonceng (plisket), dan kerah sanghai. Terdapat kesulitan pada pola bagian kupnat bahu, rok bagian depan tidak ada kupnat, pada hal pada model ada kupnat muka bagian tesebut perlu ditambah kupnat dan kupnat bahu dihilangkan. Kesulitan lain terdapat pada bahan tafeta karena licin dan mudak berlubang. Korsase dari kulit bawang putih pembuatannya harus teliti dan telaten,karna kulit bawang putih mudah sobek.
Pemeliharaan busana pengantin muslimah dengan kulit bawang putih dapat disimpan dalam almari dengan digantung pada hanger dan diberi pewangi atau kapur barus agar terhindar dari serangga seperti kecoak dan ngengat. Pakaian ini sebaiknya secara periodik dikeluarkan dari almaari dan diangin-anginkan untuk menghindari kelembapan.

Download

Pembuatan Busana Pengantin Muslimah Dengan Hiasan Kulit Bawang Putih, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets