Pembuatan dan Karakterisasi Magnet Stronsium Ferit dengan Bahan Dasar Pasir Besi

This item was filled under [ Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan fisika: Pembuatan dan Karakterisasi Magnet Stronsium Ferit dengan Bahan Dasar Pasir Besi

Arif Billah. 2006. Skripsi fisika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Telah dilakukan pembuatan dan karakterisasi magnet Strontium Ferrite (SrO.5,6Fe3O4) dengan bahan dasar pasir besi sebagai upaya pemanfaatan deposit pasir besi Indonesia yang melimpah. Pembuatan Strontium Ferrite dilakukan dengan metode metalurgi serbuk. Hematit (a-Fe2O3) hasil pengolahan pasir besi dan Strontium Carbonat (SrCO3) dicampur dengan cara digiling basah selama 6 jam. Hasil penggilingan dikeringkan dalam oven dan disaring dengan saringan 400 mesh. Kalsinasi dilakukan pada temperatur 1200 oC selama 3 jam. Hasil kalsinasi digiling ulang dan ditambahkan CaO dan SiO2 sebagai bahan aditif, kemudian digiling basah 16 jam. Setelah ditambah perekat berupa polyvinyl Alcohol (PVA) serbuk magnet dicetak dibawah tekanan sebesar 3 ton. Hasil cetakan berupa silinder disinter pada temperatur 1250 oC selama 1 jam. Struktur kristal serbuk magnet hasil sintesis dikarakterisasi dengan metode XRD, sedangkan sifat-sifat kemagnetannya diukur dengan menggunakan alat Permagraph tipe MPS.
Hasil karakterisasi dengan XRD menunjukkan bahwa Strontium Ferrite hasil sintesis pasir besi memiliki struktur kristal yang bersesuaian dengan serbuk produk komersial (PT. NX. Indonesia). Sementara itu dari hasil pengukuran dengan permagraph diperoleh bahwa magnet Sr Ferit hasil sintesis memiliki induksi remanen (Br) sebesar 1,195 kG, koersivitas (Hc) sebesar 1,4205 kOe, nilai energi produk maksimum (BH)maks sebesar 0,265 MGOe dan nilai kerapatan sebesar 4,555 g/cm3. Belum sesuainya sifat magnetik hasil sintesis ini dibanding produk komersial diperkirakan karena perbedaan berbagai proses pasca kalsinasi.

Download

Pembuatan dan Karakterisasi Magnet Stronsium Ferit dengan Bahan Dasar Pasir Besi, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets