PEMBUATAN DODOL TAPE PISANG

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: PEMBUATAN DODOL TAPE PISANG

Christina Timur Andriyani, 2005 Skripsi Teknologi Jasa Dan Produksi, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Dodol merupakan makanan tradisional yang cukup populer di beberapa daerah di indonesia. Dodol diklasifikasikan menjadi dua, yaitu dodol yang diolah dari buah dan dodol yang dibuat dari tepung, antara lain tepung ktan, tepung beras. Dodol buah terbuat dari daging buah yang dihancurkan, kemudian dimasak dengan penambahan bahan makanan atau berupa penambahan bahan makanan lainnya. Bahan yang belum umum digunakan dalam pembuatan dodol adalah tape pisang. Pisang merupakan tanaman buah yang dapat hidup sepanjang tahun. Dengan masa panen yang relatif lebih cepat, maka jumlah pisang yang dipanen melimpah. Pisang mudah sekali mengalami kerusakan, sehingga masa simpannya tidak lama. Untuk mengatasinya salah satu cara yang ditempuh adalah dengan proses pengolahan. Pengolahan diharapkan dapat memberikan keuntungan secara ekonomis.

Tujuan dari percobaan pembuatan dodol tape pisang adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap dodol tape pisang, serta untuk mengetahui prospek usaha dodol tape pisang ditinjau dari harga jualnya. Manfaat yang diharapkan dari percobaan ini adalah untuk meningkatkan dan menambah keanekaragaman pisang dalam bentuk makanan yang tahan lama.Untuk mengatahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap dodol tape pisang adalah dengan uji organoleptik. Uji oeganoleptik pada dasarnya sama dengan uji inderawi tetapi karakteristik penilaiannya ditujukan untuk mencari tingkat kesukaan konsumen terhadap dodol tape pisang. Uji organoleptik dilakukan dengan uji hedonik (kesukaan) oleh panelis tidak terlatih sebanyak 80 orang. Untuk mengetahui prospek usaha dodol tape pisang adalah dengan metode analisa proses produksi. Metode analisa proses produksi meliputi perencanaan total biaya produksi, penentuan harga jual,dan pencapaian BEP.
Hasil penilaian dodol tape pisang oleh 80 orang panelis menunjukkan bahwa aspek warna dodol tape pisang banyak disukai masyarakat dengan prosentase 76,25%, aspek rasa dodol tape pisang banyak disukai masyarakat dengan prosentase 76,56%, aspek aroma dodol tape pisang banyak disukai masyarakat dengan prosentase 75,93%, dan aspek tekstur cukup disukai masyarakat dengan prosentase 65,63%. Hasil analisis data proses produksi menunjukkan bahwa total biaya produksi adalah Rp 10.644.606,00. Harga jual dodol tape pisang dihitung berdasarkan perolehan laba 10% dari biaya variabel yang dikeluarkan dalam satu kali produksi sebanyak 42,5 kg. Harga jual dodol tape pisang per kg adalah Rp 8.400,00 sedangkan harga jual dodo, tape pisang per 500 g adalah Rp 4.200,00. pencapaian BEP setelah memproduksi sebanyak 13.963 kg, yang dapat dicapai setelah melakukan

Download

PEMBUATAN DODOL TAPE PISANG , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets