PEMBUATAN JENANG DENGAN TEPUNG BIJI DURIAN (DURIO ZIBETHINUS MURR)

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

Skripsi. JURUSAN Teknologi Jasa dan Produksi : PEMBUATAN JENANG DENGAN TEPUNG BIJI DURIAN (DURIO ZIBETHINUS MURR)

Muhamad Afif, 2006. Skripsi. JURUSAN Teknologi Jasa dan Produksi FAKULTAS teknik UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Jenang merupakan makanan tradisional atau makanan semi basah yang terbuat dari bahan dasar, tepung ketan, gula merah dan santan. Dalam hal ini penulis mengguanakan biji durian karena biji durian mempunyai nilai gizi yang terutama sekali kandungan karbohidratnya, maka dari itu kita tidak hanya mengambil keuntungan yang diperoleh dari kandungan gizinya saja. Namun kita dapat mengurangi jumlah sampah disekitar kita dalam hal ini biji durian, biji durian biasanya tidak dimanfaatkan hanya terbuang begitu saja dan lama – kelamaan membusuk menjadi sampah. Permasalahan yang dibahas dalam percobaan ini adalah: 1) Bagaimana kulitas jenang dari tepung biji durian. 2) Bagaimana daya terima masyarakat (konsumen) terhadap jenang yang terbuat dari tepung biji durian. 3) Bagaimana analisis perhitungan ekonominya. Manfaat yang diharapkan dalam percobaan ini adalah: 1) Untuk masyarakat dapat menambah pengetahuan tentang pengolahan biji durian, 2) Dapat dijadikan bahan pengganti dalam penganekaragaan makanan.

Kualitas dilihat dari aspek subyektif yang meliputi rasa, warna, aroma dan tekstur serta dilihat dari aspek objektuf yaitu uji laboratorium yang meluputi kandungan karbohidrat dan lemak. Alat pengampu data yang digunakan adalah penilaian subjektif untuk uji organoleptik dengan menggunakan panelis tidak terlatih sebanyak 80 orang yang terdiri dari : Remaja putri, Remaja putra, Ibu-ibu, dan Bapak-bapak dan penilaian objektif dengan uji laboratorium. Hasil pengamatan penulis terhadap jenang dengan menggunakan tepung biji durian: 1) Rasa sampel A dan B memiliki rasa yang sama yaitu cukup manis. 2) Warna : dari kedua sampel memiliki warna yang berbeda yaitu sampel A coklat tua sedangkan sampel B coklat agak tua. 3) Aroma dari kedua sampel tersebut yang lebih tajam adalah sampel B. 4) Tekstur dari kedua sampel yang lebih kenyal adalah sampel B karena penggunaan tepung beras ketan lebih sedikit dibanding sampel A. Hasil analisis uji organoleptik jennag dengan menggunakan tepung biji durian adalah sebagai berikut:
1) Rasa: Sampel A 80,75% dengan kriteria disukai, Sampel B 67% dengan
kriteria cukup disukai.
2) Warna: Sampel A 71,25% dengan kriteria cukup disukai, Sampel B 54,75%
dengan kriteria kurang disukai.
3) Aroma: Sampel A 64,25% dengan kriteria cukup disukai, Sampel B 72,25%
dengan kriteria cukup disukai. iv
4) Tekstur: Sampel A 55,5% dengan kriteria kurang disukai, Sampel B 65%
dengan kriteria cukup disukai.
Rata-rata tingkat kesukaan sampel A 68% dengan kriteria disukai sedangkan sampel B 65% dengan kriteria cukup disukai.
Berdasarkan uji laboratorium jenang dengan menggunakan tepung biji durian mempunyai prosentase kandungan karbohidrat 38,57% dan kandungan lemak 6,41% .
Saran yang dapat diajukan adalah jenang yang dihasilkan sangat berminyak, perlunya penelitian lanjutan dalam penggunaan jumlah santan kelapa.

Download

PEMBUATAN JENANG DENGAN TEPUNG BIJI DURIAN (DURIO ZIBETHINUS MURR), 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets