Pembuatan Susu Dari Biji Semangka

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknologi jasa dan produksi: Pembuatan Susu Dari Biji Semangka

Esti Aji Handayani. 2006. Skripsi teknologi jasa dan produksi, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Semangka adalah salah satu buah yang banyak mengandung air. Jenis danvarietasnya bermacam-macam. Semangka sengkaling yaitu semangka berbijibanyak, semangka ini berasal dari daerah sengkaling. Malang. Masyarakat lebihbanyak memanfaatkan bijinya sebagai kwaci yang merupakan makanan cemilanyang sudah banyak dikenal masyarakat. Kurangnya pemanfaatan biji semangkamaka timbul pemikiran lain agar biji semangka menjadi lebih bervariatif danberkualitas maka perlu diadakan diversivikasi pengolahan biji semangka. Selamaini masyarakat hanya mengenal susu kedelai sebagai salah satu sumber proteinnabati, padahal ada banyak sumber protein nabati lain yang dapat dibuat susu dansalah satunya adalah biji semangka. Biji semangka memungkinkan dibuat susukarena kandungan proteinnya cukup banyak yaitu 30,6 gram dalam 100 gram,hampir sama dengan protein kacang kedelai yaitu 34,9 gram dalam 100 gram.

Tujuan dari tugas akhir ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan tingkatkesukaran masyarakat terhadap susu biji semangka dengan lama perebusan yangberbeda. (2) Untuk mengetahui karakteristik dari susu biji semangka yang ditinjaumutu organoleptiknya. (3) Untuk mengetahui kandungan protein susu bijisemangka. (4) Untuk mengetahui prospek susu biji semangka untuk meningkatkannilai ekonomisnya dari biji semangka. Manfaat dari Tugas Akhir ini adalahmemberikan sumbangan referensi mata kuliah teknologi makanan dan cipta reseppada jurusan Teknologi Jasa dan Produksi Fakultas Teknik UNNES dan sebagaisumber pemikiran bagi konsumen penderita lactose intolerance..
Bahan dasar susu biji semangka adalah biji semangka, gula pasir, air danessen. Peralatan yang digunakan antara lain timbangan, saringan, blender, panci,kompor dan kom. Biji semangka digunakan sebagai bahan dasar pembuatan susudengan pertimbangan kesediaan biji semangka yang pada saat panen melimpahdan harganya mahal. Penilaian susu biji semangka yang terbaik berdasarkan ujipanelis adalah warna merah muda, aroma sedikit langu, rasa manis dan teksturnyacukup kental. l. Percobaan pembuatan susu biji semangka menggunakan tiga caradalam perebusan yaitu 10 menit, 20 menit, dan 30 menit yang diberi kode A, B,dan C. Percobaan pembuatan susu biji semangka dilakukan dengan 3 tahapanyaitu tahapan persiapan bahan dan alat, tahapan pelaksanaan tahapanpenyelesaian. Untuk mengetahui tingkat kesukaan susu biji semangka dari hasilpercobaan dilakukan penilaian oleh panelis tidak terlatih. Sebanyak 80 panelis.Jenis uji yang digunakan adalah uji hidonik dengan skala scoring kemudiandianalisa dengan menggunakan diskriptif persentase.
Hasil penilaian tingkat kesukaan dari panelis tidak terlatih dapat diambilkesimpulan bahwa susu biji semangka dengan lama perebusan 20 menitkualitasnya baik ditinjau dari aspek warna, aroma, rasa dan tekstur. Kandunganprotein susu biji semangka sebanyak 0,9375%. Sedangkan untuk kandunganprotein pada susu cair berdasarkan SNI yaitu 1,0%. Saran yang dapat disampaikandalam tugas akhir adalah :

  1. Kendala yang dihadapi dalam peneliti adalah kesulitan pengupasan kulit ijisemangka, disarankan untuk menciptakan peralatan untuk mengupas kulit bijisemangka
  2. Hasil susu biji semangka masih beraroma agak langu dan homogenitas kuangsempurna. Oleh karena itu peneliti lanjutan diperlukan untuk memperbaikikualitas susu dengan cara : (1) Penambahan essen, (2) Pemakaian soda kue,(3) Penambahan CMC (Carboxy Methyl Cellulose)

Download 

Pembuatan Susu Dari Biji Semangka, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets