Pemetaan Hirarki Pusat Transportasi di Kabupaten Klaten

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Pemetaan Hirarki Pusat Transportasi di Kabupaten Klaten

Fajar Watiningrum. 2005, Jurusan geografi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan di bidang transportasi menjadikan Kabupaten Klatendiharuskan untuk mengembangkan sarana dan prasarana transportasi yang berupajalan raya, moda angkutan dan terminal yang merupakan unsur vital gunamenunjang pembangunan ekonomi daerah baik mobilitas orang atau barang.Kebenaran analisa tersebut perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agardiperoleh hasil yang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1).Bagaimana hirarki pusat transportasi di Kabupaten Klaten, 2). Prasarana apa yangdimiliki oleh pusat transpotasi di Kabupaten Klaten. Adapun tujuan penelitianyaitu : 1). Untuk mengetahui hirarki pusat transportasi di Kabupaten Klaten, 2)Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang ada pada pusat transportasi diKabupaten Klaten, 3) Untuk membuat peta hirarki pusat transportasi di KabupatenKlaten.

Populasi dalam penelitian ini adalah pusat transportasi di KabupatenKlaten yang tersebar di 26 Kecamatan. Adapun penelitian ini meliputi pusattransportasi di Kabupaten Klaten yaitu terminal yang terdiri dari prasaranatransportasi meliputi kantor pengawas, loket atau restribusi, kios atau toko, kamarmandi atau wc, parkir, taman, ruang tunggu, loket agen bus. Dan saranatransportasi yang melipti Angkutan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) denganjenis bus besar, Angkutan Perbatasan Antar Prorinsi (APAP) dengan jenis bussedang, Perbatasan Dalam Propinsi (APDP) dengan jenis bus sedang, AngkutanPedesaan (AP) dengan kapasitas 24 – 26 tempat duduk, Angkutan Pedesaan (AP)dengan kapasitas 12 – 16 tempat duduk, Angkutan Pedesaan (AP) dengankapasitas 12 tempat duduk dengan saraana transportasi mikrobus, minibus danangkutan kota. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,studi pustaka, observasi dan laboratorium. Tehnik analisa data yang digunakanyaitu metode skalogram untuk menetukan hirarki pusat transportasi dimana skortertingi sebagai hirarki pertama dan skor terendah sebagai hirarki terakhir.

Hasil penelitian menujukan bahwa hirarki pusat transportasi di KabupatenKlaten terbagi menjadi tiga hirarki dengan klasifikasi sebagai berikut, 1) Hirarkipertama mencakup terminal Jonggrangan. 2) Hirarki kedua mencakup terminalCawas, terminal Ceper, terminal Teloyo, terminal Pasar Klaten, terminalBendogantungan, dan terminal Delanggu. 3) Hirarki ketiga mencakup terminalTulung, terminal Prambanan, terminal Bayat dan terminal Manisrengo.

Dari hasil penelitian di peroleh bahwa hirarki pertama berada di tepi jalanarteri yang mempunyai fasilitas pusat transportasi terlengkap meliputi kantorpengawas, loket atau restribusi, kios atau toko, kamar mandi atau wc, mushola,taman, ruang tunggu penumpang, parkir dan loket agen bus serta digunakan transitsarana angkutan penumpang yang berupa Angkutan Antar Kota Antar Propinsi(AKAP), Angkutan Perbatasan Antar Propinsi (APAP), Angkutan PerbatasanDalam Propinsi (APDP) dan Angkutan Pedesaan (AP). Hirarki kedua berada ditepi jalan arteri, kolektor dan lokal yang dilengkapi fasilitas pusat transportasiyang meliputi kantor pengawas, kios atau toko, ruang tunggu, loket atau restribusi,mushola dan jenis sarana angkutan penumpang yang meliputi Angkutan AntarKota Antar Propinsi (AKAP), Angkutan Perbatasan Antar Propinsi (APAP),Angkutan Perbatasan Dalam Propinsi (APDP) dan Angkutan Pedesaan (AP).Hirarki ketiga berada di tepi jalan arteri, kolektor dan lokal yang mempunyaifasilitas pusat transportasi yang meliputi loket restribusi, ruang tunggupenumpang dan jenis sarana angkutan penumpang yang meliputi AngkutanPerbatasan Dalam Propinsi (APDP) dan Angkutan Pedesaan (AP). Dari hasilPenelitian juga di peroleh bahwa keadaan jalan di Kabupaten Klaten dalamkeadaan baik yaitu berupa jalan aspal tidak berlubang sepanjang 704,99 Km(91, 74%) dan terdapat jalan desa yang belum diaspal 63, 50 Km (8, 26%). Dansarana angkutan yang beroperasi di Kabupaten Klaten berupa bus besar, bussedag, mikrobus, minibus dan angkutan kota.

Sarana dalam penelitian ini kepada Dinas terkait untuk lebuh meningkatkansarana dan prasarana transportasi khususnya berupa terminal agar dapatdifungsikan terutama pada terminal Delanggu dan membangun terminal Bayatmengingat potensi pariwisata tersebut mendukung untuk pengguna jasa angkutanyang ada di Kabupaten Klaten antara lain dengan penambahan armada danperbaikan sarana transportasi serta memperbaiki jalan yang rusak.

Download

Pemetaan Hirarki Pusat Transportasi di Kabupaten Klaten, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets