Pemetaan Jalur Hijau di Kecamatan Pati Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi Geografi : “Pemetaan Jalur Hijau di Kecamatan Pati Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)”

Artianto, Rikie. 2005. Jurusan PendidikN GEOGRAFI, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Keberadaan pohon pelindung di kawasan Kecamatan Pati sekarang ini semakin berkurang dari tahun ketahun yang disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia. Angin yang kencang sempat menumbangkan beberapa pohon pelindung selain itu pohon yang tua juga mulai ditebang di beberapa ruas jalan. Dari latar belakang tersebut dapat diambil suatu permasalahan dari jalur hijau yaitu perubahan jumlah pohon pelindung di Kecamatan Pati. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi-lokasi jalur hijau dan prospek jalur hijau di Kecamatan Pati.

Jalur hijau adalah pohon yang ditanam di kawasan jalan dan kawasan lainnya di sepanjang jalan. Jalur hijau sangat penting manfat dan fungsinya bagi manusia, salah satunya adalah jalur hijau memberi rasa nyaman dan kesan indah bagi kota tersebut. Untuk membuat peta jalur hijau peneliti terlebih dahulu mencari peta jaringan jalan Kecamatan Pati. Dengan peta jaringan jalan akan memudahkan pemetan jalur hijau sebab jalur hijau berada di sepanjang jalan dan kawasan jalan. Dalam melakukan pemetaan jalur hijau peneliti menggunakan metode survei dan inventarisasi jalur hijau. Dengan menggunakan peta jaringan jalan yang sudah ada, peneliti melakukan survei lokasi-lokasi jalur hijau yang terdapat di Kecamatan Pati.

Pemetaan jalur hijau dilakukan dengan metode komputerisasi. Untuk memindahkan peta jalur hijau yang masih digambar manual tersebut ke dalam komputer dengan menggunakan scanner. Scanner akan meng-eksport image ke dalam format .Tiff sehingga dapat ditampilkan dalam komputer.

Gambar peta yang sudah masuk dalam format .Tiff dapat dibuka dalam program Arc View 3.3 yang memungkinkan kita untuk memasukkan data, menyimpan, memanggil, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan peta baru yang bergeoreferensi. Pengolahan data dilakukan hingga pada tahap layout dan printout.

Download

Pemetaan Jalur Hijau di Kecamatan Pati Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG), 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets