Pemetaan persebaran Hutan Menurut Klasifikasi Fungsi Hutan Di Kabupaten Blora Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan geografi : Pemetaan persebaran Hutan Menurut Klasifikasi Fungsi Hutan Di Kabupaten Blora Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).

Ika Wahyu Kurnia Budiati. 2005. Jurusan geografi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Sumber daya hutan merupakan pemasok devisa non migas yang dapatmemberikan sumbangan yang cukup berarti bagi perekonomian Indonesia.Wilayah Kabupaten Blora sebagian besar wilayahnya berupa hutan yaitu sebesar49 % dari wilayah Kabupaten Blora. Hutan di Blora dikelola oleh PerumPerhutani unit I Jawa Tengah yang berada di Kabupaten Blora yang terdiri dari 3Kesatuan Pemangkuan Hutan yaitu Kesatuan Pemangkuan Hutan Blora, KesatuanPemangkuan Hutan Cepu, Kesatuan Pemangkuan Hutan Randublatung. Pemetaanpersebaran hutan menurut klasifikasi fungsi perlu diketahui agar hutan dapatdikelola secara mantap dan dapat berperan sesuai dengan fungsinya sehinggahutan dapat lestari. Bertolak dari latar belakang masalah tersebut makapermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pemetaan persebaranhutan menurut klasifikasi fungsi hutan di Kabupaten Blora. Dengan mengambillokasi di Kesatuan Pemangkuan Hutan Blora.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persebaran hutanmenurut klasifikasi fungsi hutan di Blora. Manfaat penelitian yaitu 1). Denganadanya pemetaan hutan menurut klasifikasi fungsi hutan akan dapat memberikaninformasi tentang persebaran hutan kepada masyarakat 2). Pemerintah dapatmenggunakan peta tersebut untuk tujuan pelestarian dan rehabilitasi hutan.

Variabel dalam penelitian ini adalah klasifikasi fungsi hutan, luas arealhutan, jenis tanaman yang diproduksi. Variabel tersebut ditunjang dengan adanyapeta administrasi Kabupaten Blora dan peta kawasan hutan Kesatuan PemangkuanHutan Blora.

Hasil penelitian menunjukaan bahwa klasifikasi fungsi hutan di KesatuanPemangkuan Hutan Blora terbagi menjadi 4 yaitu 1). Hutan lindung 2). Hutanproduksi 3). Hutan wisata 4). Lapangan dengan tujuan istimewa.Wilayah kesatuanpemangkuan hutan Blora terdiri dari 7 kecamatan yaitu Kecamatan Todanan,Kecamatan Japah, Kecamatan Tunjungan, Kecamatan Kunduran, KecamatanNgawen, Kecamatan Banjarejo, Kecamatan Blora. Kawasan KesatuanPemangkuan Hutan Blora terdiri dari 3 Bagian Hutan yaitu Bagian Hutanbanjarejo, Bagian Hutan Ngawen, dan Bagian Hutan Kunduran. Persebaran hutandi Kesatuan Pemangkuan Hutan Blora tersebar di 5 Kecamatan yaitu KecamatanTodanan, Kecamatan Japah, Kecamatan Kunduran, Kecamatan Ngawen DanKecamatan Banjarejo.

Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa klasifikasi fungsi hutan di KesatuanPemangkuan Hutan Blora terbagi menjadi 4 yaitu 1). Hutan lindung 2). Hutanproduksi 3). Hutan wisata 4). Lapangan dengan tujuan istimewa. Persebaran hutandi Kesatuan Pemangkuan Hutan Blora tersebar di 5 Kecamatan yaitu KecamatanTodanan, Kecamatan Japah, Kecamatan Kunduran, Kecamatan Ngawen DanKecamatan Banjarejo. Saran dalam penelitian ini yaitu 1). Perlunya pemetaanpersebaran hutan secara digital agar dapat diketahui dengan mudah informasitentang hutan di KPH Blora.

Download

Pemetaan persebaran Hutan Menurut Klasifikasi Fungsi Hutan Di Kabupaten Blora Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG)., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets