Pemetaan Sebaran Sumur Resapan Di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Geografi : Pemetaan Sebaran Sumur Resapan Di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.

SITI WULANDARI, 2005.Jurusan PendidikN GEOGRAFI, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Penyajian informasi akurat yang terkait dengan keberadaan sumur resapan disuatu wilayah sangat diperlukan untuk dijadikan pedoman bagi pengembangan penggelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS). Salah satu penyajian informasi sebaran sumur resapan itu adalah melalui penayangan dalam bentuk peta atau informasi yang dikaitkan dengan kondisi geografis suatau wilayah dari pelaksanaan pemetaan dengan program Arc View 3.3.

Permasalahan yang dibahas dalam pelaksanaan survei ini adalah (1). Bagaimana pola sebaran sumur resapan di Desa Kupang Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang? (2). Berapa luas total sumur resapan ? (3). Berapa besarnya laju infiltrasi sumur resapan? Pelaksanaan survey ini bertujuan; (1). Mengetahui pola sebaran sumur resapan (2). Mengetahui total luas sumur resapan (3). Mengetahui laju infiltrasi sumur resapan.

Ruang lingkup dalam pelaksanaan survei ini adalah wilayah RW I (Kupang Rengas) dan RW II (Kupang Dukuh) Desa Kupang Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan survei adalah (1). Metode Dokumentasi (2). Pengukuran Lapangan. Data yang dikumpulkan di analisa dengan metode analisis keruangan menggunakan program Arc View dan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan yang dilakukan dengan menggunakan program Arc View GIS 3.3 di ketahui pola persebaran sumur resapan menggerombol (Cluster Pattern) di dua RW, yaitu RW I (Kupang Rengas) dan RW II (Kupang Dukuh), luas total dari 8 sumur resapan sebesar 28 M, sedangkan laju infiltrasi sebesar 317, 05 liter/menit.

Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil pelaksanaan survei ini adalah (1). Perlu adanya pembuatan dan pembahasan peta sebaran sumur resapan secara berkelanjutan, agar lebih memudahkan dalam mengetahui perkembangan persebaran sumur resapan yang telah dilakukan (2). Kepada pihak yang berwenang (Dinas Pertanian Sub. Dinas Konservasi Tanah dan Air Kabupaten semarang) hendaknya diperlukan penambahan banggunan sumur resapan di areal permukiman padat penduduk (khususnya Desa Kupang) agar air hujan yang jatuh tidak langsung terbuang ke sungai (3). Bagi penduduk Desa Kupang Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang yang belum mempunyai sumur resapan, diharapkan dapat membuat sumur resapan sendiri guna pemberdayaan Sumber Daya Alam.

Download

Pemetaan Sebaran Sumur Resapan Di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets