PEMILIHAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA KELAS III SD NEGERI Tambakaji 05 KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan pgksd: PEMILIHAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA KELAS III SD NEGERI Tambakaji 05 KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006

DIAN OCTORINA , NIM : 1402204529. 2007. Skripsi PENDIDIKAN GURU KELAS SEKOLAH DASAR ,FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Menurut para pakar komunikasi, dewasa ini perkembangan pengetahuan selalu meningkat dua kali lipat dalam waktu dua sampai tiga tahun. Itulah sebabnya setiap orang secara agresif dan terus menerus memperbaiki pengetahuan dan keterampilan apabila tidak ingin ketinggalan dengan dan kegagalan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan.

Guru merupakan figur yang memegang peranan penting di dalam pembelajaran di kelas. Peran utama guru bukan menjadi penyaji informasi yang hendak dipelajari oleh siswa, melainkan membelajarkan siswa tentang cara-cara mempelajari sesuatu secara efektif (learning haw to learn). Oleh karena itu pemahaman tentang berbagai teori belajar dan cara-cara memotivasi siswa dalam belajar harus dikuasai oleh guru agar mampu merancang pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa untuk gemar belajar.
Kegiatan belajar dan pembelajaran merupakan salah satu kegiatan yang diberikan di sekolah, namun sesungguhnya kegiatan itu saja belum cukup memadai dalam membantu siswa mengatasi berbagai permasalahan yang dialaminya dan menyiapkan siswa terjun di masyarakat dengan berhasil. Oleh karena itu sangatlah diperlukan adanya layanan bimbingan di sekolah yang secara khusus diberi tugas dan tanggung jawab untuk memberi bantuan kepada siswa dalam memecahkan berbagai masalah baik masalah belajar, penyesuaian diri, maupun masalah-masalah pribadi yang apabila dibiarkan akan menghambat tercapainya tujuan belajar siswa di sekolah.
Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan belajar merupakan perbuatan inti. Dalam perbuatan belajar dapat timbul berbagai masalah baik bagi diri pelajar maupoun pengajar (guru). Beberapa masalah belajar siswa, misalnya pengetahuan waktu belajar, memilih cara belajar yang efektif, mempersiapkan ujian atau ulangan, cara memusatkan perhatian (konsentrasi) belajar, cara belajar kelompok dan lain sebagainya.
Oleh karena itu sekolah mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membantu siswa agar mereka berhasil dalam belajar. Untuk itu hendaknya sekolah memberikan bantuan kepada siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam kegiatan belajar. Di sinilah letak pentingnya program bimbingan dan konseling, untuk membantu siswa dalam keberhasilan belajar.
Kenyataan selama ini bahwa mata pelajaran Sains dianggap membosankan dan sulit bagi siswa, sehingga siswa cenderung merasa bosan dan malas untuk belajar mata pelajaran Sains. Di sinilah peran guru sangat dibutuhkan dalam memberikan bimbingan bagi siswa yang merasa kesulitan belajar mata pelajaran sains.
Bimbingan yang diberikan, salah satunya berupa pemilihan cara-cara belajar yang efektif, sehingga mata pelajaran Sains yang membosankan dan siswa malas mengikutinya, menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan dapat memtivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

Download

PEMILIHAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA KELAS III SD NEGERI Tambakaji 05 KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 , 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets