Pemulung Di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Dalam Memanfaatkan Puskesmas

This item was filled under [ Sosiologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi: Pemulung Di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Dalam Memanfaatkan Puskesmas

Erfi Yana Eka Susanti, 2007.Skripsi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Puskesmas merupakan unit organisasi pelayanan kesehatan yang mempunyai misi sebagai pussat pengembangan pelayanan kesehatan, yang melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu untuk masyarakat yang tinggal di suatu wilayah kerja tertentu. Secara singkatnya, puskesmas dibentuk oleh pemerintah sebagai upaya agar pelayanan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada pemulung.

Pemulung merupakan salah satu anggota masyarakat yang memiliki status sosial ekonomi rendah yang menyebabkan pemulung memiliki kendala-kendala dalam meningkatkan kesejahteraan diri termasuk dalam kesehatan. Lebih lanjut, lingkungan kerja yang tidak bersih dan perilaku tidak sehat semakin mendorong pemulung rentan terhadap penyakit dan hal tersebut menyebabkan pemulung membutuhkan perilaku sakit yang tepat, khususnya dalam mengoptimalkan fungsi puskesmas bagi dirinya. Namun dalam kenyataannya, banyak pemulung yang belum memanfaatkan puskesmas sebagai mesetinya. Terdapat berbagai faktor psikissosioekonomi budaya yang diduga mempengaruhi belum optimalnya pemulung dalam memanfaatkan puskesmas.
Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif dengan 10 pemulung di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara sebagai sampel dan lima orang informan yang diperoleh secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, serta selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah pemulung di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara masih belum optimal dalam memanfaatkan pelayanan puskesmas karena faktor psikososibudaya. Pemulung di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara memiliki sosioekonomi dan tingkat pendidikan yang rendah. Hal tersebut membuat pemulung memiliki persepsi yang kurang benar mengenai sehat dan sakit yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perilaku sehat dan perilaku sakitnya. Perilaku sehat pemulung adalah minum obat saat sakit, sedangkan perilaku sakit mereka adalah melakukan upaya penyembuhan diri sendiri melalui kerokan, membuat jamu sendiri dari daun-daun di kebun, dan membeli obat di warung. Jika penyakit pemulung parah maka baru pergi ke tempat mantri kesehatan atau puskesmas. Faktor-faktor yang menghambat pemulung untuk memanfaatkan pelayanan puskesmas adalah faktor lokasi yang terlalu jauh yang berpengaruh terhadap besarnya biaya transportasi dan persepsi mengenai sehat dan sakit, serta keyakinan pemulung mengenai perilaku sakit. Sedangkan faktor yang mendorong pemulung untuk menggunakan pelayanan puskesmas adalah keparahan sakit, kedekatan lokasi puskesmas, dan prosedur jaminan kesehatan yang tidak mengeluarkan biaya dan mudah. Berdasarkan hasil tersebut maka diberikan saran sebagai berikut : (1) Puskesmas mengadakan penyuluhan rutin setiap bulannya mengenai perilaku sehat dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Dengan mengadakan penyuluhan tersebut diharapkan persepsi pemulung mengenai perilaku sehat meningkat sehingga pemulung lebih mampu untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan benar; (2) Puskesmas memberikan penyuluhan mengenai cara pengobatan diri sendiri yang benar, seperti bagaimana memilih obat bebas yang aman, bagaimana aturan minum obat bebas yang aman, serta meningkatkan pengetahuan mengenai khasiat tanaman obat-obatan dan bagaimana mengolahnya; dan (3) Puskesmas mengadakan pemeriksaan rutin di TPA Winong Kabupaten Banjarnegara sehingga kesehatan pemulung dapat di monitor

Download

Pemulung Di TPA Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Dalam Memanfaatkan Puskesmas, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets