Penanganan Arsip Dinamis Aktif pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Penanganan Arsip Dinamis Aktif pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta

Ary Setiyani. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Arsip merupakan salah satu sarana informasi yang berupa rekamanatau bukti/dokumen yang sangat dibutuhkan pada suatu perusahaan baik instansipemerintah maupun swasta. Bukti/dokumen yang diperlukan dan dihasilkan darietiap kegiatan itulah yang perlu kita tata secara sistematis agar dapat denganmudah dan cepat ditemukan kembali bila sewaktu-waktu diperlukan. Untukkelancaran yang teratur da menyeluruh. Penataan arsip baik arsip dinamis aktifmaupun inaktif yang baik dan benar untuk memperlancar komunikasi dan tugastugasyang nantinya akan dikerjakan. Apabila penataan arsip berhasil dengan baik,maka kegiatan disuatu instansi akan berjalan dengan lancar. Karena yang berperandalam pengarsipan adalah arsip dinamis aktif.

Permasalahan yang dikaji dalam penulisan tugas akhiar ini adalah : (1)Bagaimana prosedur penanganan arsip dinamis aktif pada PT. PLN (Persero)Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta? (2) Asas penyimpanan apa saja yangditerapkan pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta?(3) Kendala dalam menangani arsip yang dialami pada PT. PLN (Persero)Distrubusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. (4) Bagaimana cara penataan,penyimpanan arsip dinamis aktif beserta proses peminjaman arsip pada PT. PLN(Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta? Penulisan tugas akhir inibertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana prosedur penanganan arsip dinamisaktif, (2) Asas penyimpanan apa saja yang digunakan, (3) Untuk mengetahuikendala apa dalam menangani arsip yang dialami serta cara-cara apa saja dalammengatasi kendala tersebut. (4) Cara penataan, penyimpanan arsip dinamis aktifbeserta proses peminjaman arsip pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengahdan D.I Yogyakarta.

Objek kajian dalam penulisan tugas akhir ini adalah mengenaibagaimana cara penanganan arsip dinamis aktif pada PT. PLN (Persero) DistribusiJawa Tengah dan D.I Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakuakanpenulis dalam laporan ini adalah dengan metode observasi, metode wawancara,metode kepustakaan. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah denganteknik penyajian data dan metode analisis data yaitu dengan menggunakan metodedeskriptif kualitatif yaitu menggambarkan kenyataan-kenyataan yang terjadibersifat umum dan kemungkinan yang dihadapi serta solusinya. Dan dilakuakansecara kualitatif yaitu analisis yang tidak didasarkan pada perhitungan statistikayang berbentuk kuantitatif (jumlah) akan tetapi dalam bentuk pernyataan danuraian yang selanjutnya akan disusun secara sistematis dalam bentuk laporan.

Hasil analissis menunjukkan bahwa penanganan arsip dinamis aktifpada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakartamenggunakan 2 (dua) tahapan yang perlu dilalui, yaitu : (1) Pedoman penanganansurat dan (2) Mekanisme penyusunan surat baik surat masuk maupun surat keluar.Selain itu juga harus sesuai dengan petunjuk pelaksanaan tatalaksana surat dankearsipan PT. PLN (Persero) yang berdasarkan keputusan Direksi PT. PLN(Persero) nomor : 300.K/010/DIR/2004 tanggal 31 Desember 2004. Asaspenyimpanan surat menggunakan asas sentralisasi dan asas desentralisasi.

Kendala-kendala dalam menangani arsip yang dialami pada PT. PLN (Persero)Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta adalah adanya faktor kebiasaanpetugas dalam menangani arsip yang tidak sesuai dengan petunjuk tatalaksanasurat dan kearsipan. Adanya penumpukan arsip, ruang tempat penyimpanan arsippada sub bidang administrasi umum dan fasilitas masih bercampur antara arsipdinamis aktif dan inaktif serta digunakan untuk menyimpan peralatan yangmenunjang kearsipan dan juga peralatan lainnya. Peminjaman arsip pada PT. PLN(Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta dilakukan dengan mencatatpada buku bon pinjam arsip.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa untuk penangananarsip dinamis aktif, perusahaan harus sesuai dengan petunjuk pelaksanaantatalaksana surat dan kearsipan (TLSK) yang diterbitkan dan berdasarkankeputusan Direksi PT. PLN (Persero) nomor : 300.K/010/DIR/2004 tanggal31 Desember 2004. Penanganan arsip pada sub bidang administrasi umum danfasilitas menggunakan kode pokok masalah. Asas penyimpanan menggunakanasas sentralisasi dan desentralisasi. Untuk mengatasi kendala PT. PLN (Persero)Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta dengan mengadakan pelatihanSumber Daya Manusia tentang kearsipan. Untuk ruangan dilakuakan pemisahanpenyimpanan antara arsip dinamis aktif dan inaktif. Peminjaman arsip padaPT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta yang hanyadilakukan dengan buku bon pinjam arsip ini digunakan untuk memudahkanpegawai dalam pinjam arsip.

Download

Penanganan Arsip Dinamis Aktif pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets