Pendugaan Bidang Gelincir Tanah Longsor Berdasarkan Sifat Kelistrikan Bumi Dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Di Daerah Karangsambung Dan Sekitarnya, Kabupaten Kebumen)

This item was filled under [ Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.4/5 (13 votes cast)

skripsi jurusan Fisika: Pendugaan Bidang Gelincir Tanah Longsor Berdasarkan Sifat Kelistrikan Bumi Dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Di Daerah Karangsambung Dan Sekitarnya, Kabupaten Kebumen)

Rahmawati, Arifah. 2009. Skripsi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Daerah Karangsambung dengan kondisi tanah yang cukup kompleks dan labil memerlukan pemetaan geoteknik dengan skala yang sesuai perencanaan. Pemetaan tersebut perlu dilakukan sebelum diadakan penataan lahan di sekitar lokasi. Pemetaan geoteknik tersebut digunakan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan, seperti tanah longsor. Sehingga daerah Karangsambung diduga terdapat bidang gelincir yang berpotensi menjadi alas gerakan tanah dengan menggunakan metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi Schlumberger.

Pengambilan data dilaksanakan dengan tahapan yaitu data primer berupa pengamatan, survei langsung dilapangan dengan menggunakan geolistrik (resistivity meter) Naniura NRD 22 S konfigurasi Schlumberger dan data sekunder berupa telaah dari sumber pustaka dan publikasi ilmiah.
Hasil penelitian geolistrik menunjukkan bahwa bidang gelincir di daerah Karangsambung dan sekitarnya, Kabupaten Kebumen, Pada penampang Karangsambung 1 harga resistivitas dari bidang gelincir adalah 0,554 – 5,43 Ωm dengan kedalaman 0 – >66,64 meter diperkirakan lapisan ini berupa lempung.
Pada penampang Karangsambung 2 harga resistivitas dari bidang gelincir adalah 1,19 – 4,83 Ωm dengan kedalaman dari >16,86 meter diperkirakan lapisan ini berupa lempung. Pada penampang Karangsambung 3 harga resistivitas dari bidang gelincir adalah 1,19 – 8,25 Ωm dengan kedalaman dari 15,43 – 87,52 meter diperkirakan lapisan ini berupa lempung. Pada penampang Karangsambung 1 dan Karangsambung 2 terdapat bidang gelincir dengan zona kerentanan gerakan tanah rendah, dan penampang Karangsambung 3 terdapat bidang gelincir yang berpotensi terjadinya tanah longsor dengan zona kerentanan gerakan tanah tinggi. Oleh sebab itu, disarankan agar disosialisasikan kepada masyarakat, khususnya di daerah pada penampang Karangsambung 3 diharapkan untuk waspada ketika mendirikan sarana pembangunan, dikarenakan berpotensi terjadinya tanah longsor dengan zona kerentanan gerakan tanah tinggi.

Download

Pendugaan Bidang Gelincir Tanah Longsor Berdasarkan Sifat Kelistrikan Bumi Dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Di Daerah Karangsambung Dan Sekitarnya, Kabupaten Kebumen), 4.4 out of 5 based on 13 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Pendugaan Bidang Gelincir Tanah Longsor Berdasarkan Sifat Kelistrikan Bumi Dengan Aplikasi Geolistrik Metode Tahanan Jenis Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus Di Daerah Karangsambung Dan Sekitarnya, Kabupaten Kebumen)”

  • Diana
    14 March, 2014, 20:28

    Apa yang saya temukan dari artikel ini sungguh berguna bagi kami.
    Terima kasih, kami harap pada artikel selanjutnya pasti lebih
    atraktif lagi. Sukses untuk Anda!

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets