Penegakan Hukum Terhadap Perlindungan Hutan Oleh Polisi Hutan KPH Purwodadi Kabupaten Grobogan

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Penegakan Hukum Terhadap Perlindungan Hutan Oleh Polisi Hutan KPH Purwodadi Kabupaten Grobogan

Ulfah, Dani fittriya.2005.Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Hutan merupakan karunia dan amanah Tuhan Yang Maha Esa yang takternilai harganya dan wajib disyukuri. Hutan sebagai modal pembangunannasional yang memiliki manfaat ekologi, sosial budaya dan berpengaruh padakondisi ekonomi serta kondisi perdagangan dan industri. Kerusakan kawasanhutan yang terjadi di KPH Purwodadi akibat penebangan dan pencurian hasilhutan secara liar dan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi PerumPerhutani KPH Purwodadi, sehingga perlu adanya penangan yang sangat cepat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanaupaya yang dilakukan oleh polisi hutan atau jagawana di KPH Purwodadi dalampencuriaan hasil hutan?, (2) Bagaimana langkah-langkah yang diambil polisihutan atau jagawana untuk melindungi hutan?, (3) Kendala-kendala apa saja yangdihadapi polisi hutan atau jagawana dalam proses pengamanan pencuriaan hasilhutan di KPH Purwodadi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Upayayang dilakukan polisi hutan dalam usahanya menangani pencurian hasil hutan, (2)kendala-kendala yang dihadapi polisi hutan dalam upaya melindungi hutan diKPH Purwodadi, (3) Proses penanganan polisi hutan dalam pengamanan hutan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian iniadalah polisi hutan dan masyarakat sekitar hutan sesuai dengan kebutuhan untukkelengkapan data dan menjawab permasalahan. Data dikumpulkan dengan tehnikobservasi, tehnik wawancara dan tehnik dokumentasi untuk memeriksa keabsahandata, pemeriksaan dilakukan dengan kriteria-kriteria keabsahan data dengantehnik pemeriksaan masing-masing kriteria, sedangkan analisis datnya bersifatdeskriptif analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penegakan hukum terhadapperlindungan hutan oleh polisi hutan di KPH Purwodadi berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan dan Peraturan PemerinathNomor 28 Tahun 1985 Tentang Perlindungan Hutan, Polisi hutan dalammelaksanakan kewenangannya untuk melindungi hutan dilakukan secara preemtif,preventif dan represif sedangkan langkah yang ditempuh polisi hutan di KPHPurwodadi untuk mencegah terjadinya perambahan maupun pencurian hasil hutandengan membentuk suatu progarm PHBM (Pengelolaan Hutan BersamaMasyarakat) namun kendala yang dihadapi polisi hutan di KPHPurwodadi adalahkurangnya sarana dan prasarana sebagai penunjang pelaksanaan perlindunganhutan.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai penegakan hukum terhadapperlindungan hutan oleh polisi hutan di KPH Purwodadi dapat disimpulkan bahwadalam upaya preemtif, preventif, represif yang dilakukan polisi hutan dalampelaksananannya tidak berfungsi secara baik dan fungsi hukum dari peraturanperaturantersebut tidak mengikat sehingga tindakan-tindakan di bidang kehutanandapat terjadi karena sanksi yang kurang tegas.

Hasil penelitian ini diharapkan agar berjalan efektif dapat diatasi antaralain dengan cara menambah personil polisi hutan, mengefektifkan sistempengamanan, menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarianhutan, menambah sarana dan prasarana sebagai penunjang, peningkatan disiplinaparat perum perhutani serta meningkatkan program PHBM (pengelolaan HutanBersama Masyarakat) dengan langkah yang demikian diharapkan kelestarianhutan dapat terjaga guna meningkatkan hasil hutan untuk kepentingan bersama.

Download

Penegakan Hukum Terhadap Perlindungan Hutan Oleh Polisi Hutan KPH Purwodadi Kabupaten Grobogan, 4.8 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets