Penentuan Posisi Obyek Wisata dan Prasarana Wisata Dataran Tinggi Dieng Di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Menggunakan GPS Berbasis Sistem Informasi Geografis

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Penentuan Posisi Obyek Wisata dan Prasarana Wisata Dataran Tinggi Dieng Di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Menggunakan GPS Berbasis Sistem Informasi Geografis

Dina Eti Kartiningsih, 2005. Jurusan geografi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Kepariwisataan merupakan salah satu dari aktifitas manusia untukmemenuhi kesenangan hati, kebutuhan jasmani dan rohani. Pariwisata dapatmendatangkan keuntungan pada daerah yang berusaha mengembangkan kegiatanpariwisata. Seperti halnya Pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang sekarang berusaha mengembangkan dan memajukan aset wisata Dataran Tinggi Dieng.

Pengembangan obyek wisata sangat tergantung pada produk industri pariwsatayang meliputi daya tarik wisata, prasarana wisata dan kemudahan perjalananwisatanya. Untuk memajukan industri pariwisata diperlukan informasi yang dapatdigunakan untuk mengetahui posisi obyek wisata dan prasarana wisata.

Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertolak dari permasalahan : 1)Dimana lokasi obyek wisata dan prasarana wisata Dataran Tinggi Dieng, 2)Prasarana apa saja yang mendukung daya tarik obyek wisata, 3) Obyek wisata apasaja yang ada di Dataran tinggi Dieng. Tujuan dari penelititan ini yaitu: 1) Untukmenentukan posisi obyek dan prasarana wisata Dataran Tinggi Dieng diKecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, 2) Untuk mengetahui persebaranobyek wisata Dataran Tinggi Dieng di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara.

Obyek dalam penelitian ini adalah obyek wisata dan prasarana wisata yangada di Dataran Tinggi Dieng Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Variabelpenelitian terdiri dari data spasial dan data atribut obyek wisata dan prasarana wisata. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, surveilapangan, dan kerja laboratorium. Alat dalam penelitian yaitu GPS, komputerdengan software Arc View, scanner, printer, alat tulis. Bahan dalam penelitianyaitu peta topografi, peta administrasi, peta jaringan jalan, peta lokasi obyekwisata dan peta situasi obyek wisata. Pengolahan data dilakukan dengan softwareArc View, yang terdiri dari persiapan view, pemasukan sumber data, digitasi,editing, tabel dan layout. Analisis data dengan analisis SWOT (Strengt, Weakness,Opportunity, Threath) dari SIG dalam penentuan lokasi dan SWOT dari kawasanwisata Dataran Tinggi Dieng.

Obyek wisata Dataran Tinggi Dieng di Kecamatan Batur KabupatenBanjarnegara terdiri dari: 1) Sumur Jalatunda di Desa Pekasiran, 2) KawahCandradimuka di Desa Pekasiran, 3) Sumber Air Panas Bitingan di DesaKepakisan, 4) Kawah Sileri di Desa Kepakisan, 5) Telaga Merdada di DesaKarang Tengah, 6) Candi Dwarawati di Desa Dieng, 7) Komplek Candi Arjunadi Dieng, 8) Telaga Balekambang di Desa Dieng, 9) Candi Gatutkaca di DesaDieng, 10) Museum Purbakala di Desa Dieng, dan 11) Kawah Sikidang di DesaDieng. Prasarana wisata yang ada di obyek wisata Dataran Tinggi Dieng yaitu: 1)ank, 2) Gazebo/Gardu Pandang, 3) Hotel, 4) Kantor Pos, 5) Masjid, 6) PosKeamanan, 7) Puskesmas, 8) Rumah Makan, 9) SPBU, 10) Terminal, 11) WCUmum, 12) Wartel.

Posisi suatu obyek dapat diketahui dengan menggunakan GPS, data GPSkemudian diolah menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) sehinggadiperoleh informasi yang tepat dari pariwisata baik posisi obyek maupunprasarana wisatanya. Dari hasil penelitian diperoleh posisi koordinat X,Y darimasing-masing obyek yang ada dan prasarana wisata. Pengolahan data GPSdilakukan menggunakan Software Arc View yang meliputi: 1) Persiapan Veiw, 2)Proses Register and Transform, 3) Digitasi, 4) Tabel, 5) Editing, dan 6) LayoutPeta.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengumpulan danpengambilan data lokasi menggunakan GPS dan pengolahan data dengan SIG,posisi obyek wisata dan parasarana wisata dapat diketahui dengan cepat, tepat danmudah, sehingga diharapkan dapat lebih menarik minat wisatawan untukberkunjung karena tersedia informasi pariwisata dengan peta lokasi wisata danprasarana wisata digital.

Saran yang diberikan adalah: Bagi Pemerintah Daerah KabupatenBanjarnegara, sebaiknya dalam menentukan posisi obyek wisata denganmenggunakan GPS dan pengolahan data GPS menggunakan SIG agar informasipariwisata dapat diketahui dengan cepat, tepat dan mudah, untuk itu perludikenalkan adanya teknologi SIG bagi instansi terkait. Bagi masyarakatKabupaten Banjarnegara yaitu ikut aktif menjaga kelestarian obyek wisata danprasarana wisata agar keberadaannya tetap terjaga dengan baik, serta ikutmempromosikan obyek wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara padaumumnya dan Dataran Tinggi Dieng pada khususnya karena obyek ini menjadisalah satu obyek wisata andalan Kabupaten Banjarnegara.

Download

Penentuan Posisi Obyek Wisata dan Prasarana Wisata Dataran Tinggi Dieng Di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Menggunakan GPS Berbasis Sistem Informasi Geografis, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets