Penerapan Analisis Varians Sebagai Kontrol Efisiensi Biaya Produksi Pada PT Mubarokfood Cipta Delicia Kudus

This item was filled under [ Manajemen ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan Manajemen: ”Penerapan Analisis Varians Sebagai Kontrol Efisiensi Biaya Produksi Pada PT Mubarokfood Cipta Delicia Kudus”

Vitasari, Pulung. 2007. Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Pengendalian biaya produksi diperlukan agar efisiensi biaya dapat dicapai, di mana kontrol terhadap efisiensi biaya produksi dapat dilakukan dengan menggunakan analisis varians. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah tingkat efisiensi biaya produksi pada PT Mubarokfood Cipta Delicia Kudus? dan (2) Bagaimanakah varians biaya produksi dan penyebab varians biaya produksi pada PT Mubarokfood Cipta Delicia Kudus? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel kajian (1) biaya bahan baku, (2) biaya tenaga kerja langsung dan (3) biaya overhead pabrik.

Metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif persentase, analisis Statistical Quality Control, Kruskal Wallis test dan analisis varians (selisih).
Berdasarkan analisis deskriptif persentase, tingkat efisiensi biaya produksi untuk jenang halus dan jenang merah maupun tingkat efisiensi total biaya produksi jenang menunjukkan adanya perbedaan, namun setelah dianalisis dengan
Statistical Quality Control biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik baik biaya overhead pabrik variabel maupun tetap masih berada padadaerah in control. Dari analisis Kruskal Wallis test diperoleh hasil bahwa hitung H < tabelH yaitu 0,600 < 5,991. Oleh karena itu, tidak ada perbedaan yang signifikan antara varians biaya produksi jenang tahun 2003-2005 sehingga dapat disimpulkan bahwa biaya produksi jenang tahun 2003-2005 efisien. Dari analisis varians diketahui bahwa selisih biaya bahan baku disebabkan selisih harga, selisih biaya tenaga kerja langsung disebabkan selisih efisiensi upah langsung, dan selisih biaya overhead pabrik disebabkan selisih terkendalikan dan selisih volume. Dari kesimpulan di atas, saran yang dapat disampaikan yaitu penetapan standar biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik hendaknya lebih cermat dan meninjau standar secara periodik agar selalu up to date.

Download

Penerapan Analisis Varians Sebagai Kontrol Efisiensi Biaya Produksi Pada PT Mubarokfood Cipta Delicia Kudus, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets