PENERAPAN KONSEP QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN MENGEMBANGKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA 125D

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Matematika: PENERAPAN KONSEP QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN MENGEMBANGKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA 125D

Uswatun Hasanah . 2007. Skripsi JURUSAN Matematika,FAKULTAS MIPA,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Permintaan konsumen akan produk sepeda motor saat ini semakin lama semakin meningkat. Sehingga banyak bermunculan merk-merk baru, yang mengakibatkan persaingan kualitas maupun harga di pasaran yang semakin ketat.

Honda merupakan salah satu perusahaan motor yang terbesar dan selalu menguasai pangsa pasar. Salah satu produk sepeda motor Honda yaitu Honda Karisma 125D. Produk ini kurang diminati oleh konsumen, sehingga permintaan dipasaran juga kurang. Untuk mendapatkan masukan sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen digunakan metode Quality Function Deployment (QFD).
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen dalam pemilihan sepeda motor, apakah produk sepeda motor Honda Karisma 125D yang selama ini dipasarkan sudah memenuhi tingkat kepuasan konsumen, dan karakteristik teknis manakah yang menjadi prioritas untuk dikembangkan agar sesuai dengan keinginan konsumen sehingga mampu memenangkan persaingan.
Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengendara sepeda motor Honda Karisma 125D di Kabupaten Banjarnegara. Penyebaran kuesioner dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap awal dan tahap akhir. Analisis data memuat uraian mengenai analisis dari penerapan QFD yang meliputi analisis tingkat kepentingan konsumen, evaluasi tingkat kepuasan konsumen, penentuan prioritas dari kepentingan teknik yang akan dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Dari hasil analisis QFD untuk tiap kebutuhan konsumen, yang dianggap sangat penting yaitu rangka motor yang kuat, pemberian garansi terhadap kerusakan mesin dalam waktu yang lama, memiliki kekuatan yang handal, dapat digunakan untuk berbagai kondisi jalan, kinerja rem, kualitas ban yang baik, umur mesin tahan lama, kemudahan untuk memperoleh suku cadang, kemudahan memperbaiki mesin pada saat rusak, kemudahan dalam perawatan mesin, tampilan produk yang menarik, dan pemakaian bahan bakar yang hemat. Setelah menggunakan sepeda motor Honda Karisma 125D, yang dinilai sangat puas oleh konsumen adalah pemakaian bahan bakar yang hemat dengan tingkat kepuasan sebesar 4,900. Berdasarkan kepentingan teknik, yang memiliki kontribusi terbesar dan menjadi prioritas untuk dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya adalah material rangka motor dengan kontribusi sebesar 1,071.
Saran, agar konsumen tetap merasa puas terhadap Honda Karisma 125D sebaiknya dalam pengembangan produk selanjutnya perlu memperhatikan kepentingan teknik yang menjadi prioritas supaya dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan konsumen.

Download

PENERAPAN KONSEP QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN MENGEMBANGKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA 125D , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets