Penerapan Metode Kontekstual Pada Mata Diklat Kearsipan Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran

This item was filled under [ administrasi perkantoran ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (33 votes cast)

skripsi jurusan Administrasi Perkantoran: Penerapan Metode Kontekstual Pada Mata Diklat Kearsipan Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Umi Kulshum. 2009. Skripsi Jurusan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Dalam usaha meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi belajar mengajar yang diharapkan mampu memperbaiki pembelajaran yang telah berlangsung salama ini. Observasi awal di SMK PGRI 2 Salatiga menunjukkan bahwa hasil belajar kearsipan masih rendah. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian pokok bahasan sebelumnya adalah 65 didapatkan beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran kearsipan antara lain : Kurang adanya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, Pentampaian materi hanya fokus pada guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada pelajaran kearsipan pada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Salatiga dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa ?

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI AP-2 SMK PGRI 2 Salatiga yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan untuk membuat instrumen penelitian lainnya, 2) Pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran kearsipan pokok sistem kartu kendali, 3) Observasi / pengamatan, 4) refleksi, menganalisis data hasil pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Kontekstual hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus, hal ini terlihat dari adanya peningkatan pada masing-masing siklus yaitu hasil tes siklus I nilai rata-rata 69,5 dengan ketuntasan klasikal 75,8% dan siklus II rata-rata 75,4 dengan ketuntasan klasikal 90,9%. Dari lembar observasi siswa dari siklus I aktifitas siswa sebanyak 69,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,3%.Hasil pengamatan pada guru siklus I sebesar 73,3% dan pada siklus II sebesar 93,3%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kearsipan materi pokok pemilihan sistem kearsipan yang sesuai dengan pendekatan kontekstual, menggunakan desain penelitian tindakan kelas, dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Adapun saran yang dapat penulis berikan antara lain bagi guru untuk dapat menerapkan metode kontekstual dalam pembelajaran kearsipan sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih konkrit sehingga potensi dan kemampuan siswa dapat tersalurkan dengan baik. Untuk selanjutnya penerapan metode kontekstual ini dapat dijadikan sebagai alternative pembelajaran bagi guru dalam rangka menambah variasi dan model mengajar.Bagi sekolah sebagai masukan dalam usaha meningkatkan kualitas peserta didik dengan adanya media dan sumber belajar yang cukup bagi siswa.

Download

Penerapan Metode Kontekstual Pada Mata Diklat Kearsipan Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran, 5.0 out of 5 based on 33 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Penerapan Metode Kontekstual Pada Mata Diklat Kearsipan Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran”

  • 6 August, 2012, 3:02

    makasih juragan infonya,,semoga bertambah ilmunya,,,

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets