PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI MENGELOLA ADMINISTRASI GUDANG PADA SISWA KELAS II SEMESTER GENAP SMK MUHAMMADIYAH 01 WELERI

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan AKUNTANSI : PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI MENGELOLA ADMINISTRASI GUDANG PADA SISWA KELAS II SEMESTER GENAP SMK MUHAMMADIYAH 01 WELERI

Nur Khasanah . 2006. Skripsi. Jurusan AKUNTANSI ,FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Hasil studi awal dengan pengamatan menunjukkan bahwa sebagian siswa kelas II AK II SMK Muhammadiyah 01 Weleri Kabupaten Kendal kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada perolehan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 60 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 29%. Permasalahan ini perlu segera diatasi agar pada kegiatan pembelajaran yang selanjutnya siswa lebih aktif dan hasil belajar menjadi optimal. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran dikelas dapat diidentifikasi bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi dan kurang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II AK II SMK Muhammadiyah 01 Weleri Kabupaten Kendal pada kompetensi Mengelola Administrasi Gudang dengan menerapkan metode simulasi.

Setting dalam penelitian ini adalah siswa kelas II AK II SMK Muhammadiyah 01 Weleri Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2006/2007.
Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus mencakup empat tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan (planning) yang meliputi kegiatan mengidentifikasi masalah dan menetapkan rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan (acting) yaitu dengan melaksanakan tindakan berupa pembelajaran dengan menerapkan metode simulasi, (3) pengamatan (observing) yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran dengan mengumpulkan data untuk mengetahui efektivitas tindakan yang dilakukan, (4) refleksi (reflecting) yaitu melakukan analisis data yang diperoleh dari pengamatan. Secara keseluruhan data yang diperoleh meliputi hasil belajar siswa, motivasi siswa , kinerja guru dan keaktifan siswa serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran.
Berdasarkan ketiga siklus yang dilaksanakan, diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 64,56 dengan ketuntasan belajar 50%, pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 74,56 dengan ketuntasan belajar 79,41%, pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 85,15 dengan ketuntasan belajar 97,06%. Meningkatnya pencapaian hasil belajar siswa tersebut disertai dengan meningkatnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data di atas disimpulkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II AK II SMK Muhammadiyah 01 Weleri pada kompetensi mengelola administrasi gudang. Disarankan metode simulasi ini diterapkan untuk membelajarkan konsep-konsep yang sulit dieksperimenkan.

Download

PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI MENGELOLA ADMINISTRASI GUDANG PADA SISWA KELAS II SEMESTER GENAP SMK MUHAMMADIYAH 01 WELERI, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets