Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Pendidikan MAtematika : Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Purwantoro, Eko. 2005, Skripsi Jurusan Pendidikan MAtematika, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Semarang.

Pentingnya kreativitas dalam kehidupan seseorang perludikembangkan. Jika pembelajaran berbasis masalah diterapkan dalam kegiatanbelajar mengajar maka siswa dapat berlatih keterampilan berpikir, keterampilanpemecahan masalah yang bermakna dan berkualitas sehingga kreativitas siswadapat muncul dan berkembang.

Atas pertimbangan di atas maka diambil judul skripsi “PenerapanPembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus untukMeningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II-C SMP Negeri 22 Semarang”.

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban atas masalah “Apakahmelalui pembelajaran berbasis masalah pokok bahasan persamaan garis lurusdapat meningkatkan kreativitas siswa kelas II-C SMP Negeri 22 Semarang.”.

Untuk membahas permasalahan di atas, dilakukan penelitiantindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dengantahapan perencanaan, implementasi, observasi, refleksi, diambil data kreativitasdari observasi sikap kreatif, observasi berpikir kreatif dengan metode observasi tesdan hasil pekerjaan rumah, dan angket kreativitas yang terdiri dari angketmotivasi, sikap kreatif, berpikir kreatif, minat dan perilaku siswa dalampembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II-C SMP Negeri 22Semarang Tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 42 siswa, terdiri dari 17siswa putra dan 25 siswa putri. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah skorrata-rata pengamatan berbasis masalah untuk guru ≥ 2,5 dari Skala maksimum 4,dengan 65% siswa berada dalam kategori kreatif, dan terjadi peningkatankreativitas siswa dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari peningkatan skor rataratadari rata-rata skor observasi sikap kreatif, observasi berpikir kreatif, danangket kreativitas.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pengamatanberbasis masalah untuk guru adalah 2, 2 pada siklus I dan 2, 83 pada siklus II dariskala maksimum 4, dengan 33, 33% siswa cukup kreatif, 66, 67% siswa kreatifpada siklus I dan 30, 95% siswa cukup kreatif, 69, 05% s iswa kreatif pada siklusII, dan skor rata-rata dari rata-rata skor kreativitas siswa adalah 2, 66 pada siklus Imenjadi 2, 76 pada siklus II dari skala maksimum 4.

Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaranberbasis masalah pokok bahasan persamaan garis lurus yang telah dilaksanakan dikelas II-C SMP Negeri 22 Semarang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Halini dapat terlihat dari skor rata-rata dari rata-rata skor kreativitas siswa dari siklusI adalah 2, 67 sedangkan pada siklus II adalah 2, 76 dari skala maksimum 4. Sarandari peneliti adalah guru perlu menerapkan pembelajaran berbasis masalah untukmeningkatkan krativitas siswa, kerja sama siswa, kemampuan siswa dalammemecahkan masalah dan juga membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Download

Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets