PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Pendidikan MAtematika : PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

Agustina dwi Saputri. 2005, Skripsi Jurusan Pendidikan MAtematika, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Semarang.

Aktivitas belajar dan hasil belajar merupakan tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Aktivitas menunjukkan sejauh mana siswa aktif dalam memperkaya pengetahuannya. Sedangkan hasil belajar menunjukkan sejauh mana pengetahuan siswa dari proses pembelajaran yang dialaminya. Kedua hal ii belum optimal terlaksana di MTs Al Asror.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian dilakukan pada siswa MTs Al Asror berjudul “Penerapan Pembelajaran Matematika Kontekstual Pada Materi Teorema Phytagoras untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa MTs Al Asror Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005” dengan rumusan masalah yang dikaji adalah (1) hasil belajar yang diperoleh setelah penerapan pembelajaran matematika kontekstual, (2) peningkatan aktivitas siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran matematika kontekstual pada materi teorema Phytagoras. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran matematika kontekstual, (2) mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran matematika kontekstual pada materi Teorema Phytagoras.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teori yang diguunakan dalam penelitian ini adalah tentang matematika sekolah, pendekatan kontekstual, aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan pada bulan September 2004. Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 Mts Al Asror.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada siklus 1 hasil belajar siswa rata-rata 7,02 dengan tingkat ketuntasan 61,90% dan tingkat aktivitas siswa adalah 77,50% siswa aktif. (2) pada siklus 2 hasil belajar siswa mempunyai rata-rata 7,02 dengan tingkat ketuntasan 61,90% dan tingkat aktivitas siswa adalah 82,50% siswa aktif. (3) pada siklus 3 hasil belajar siswa memiliki rata-rata 7,48 dengan tingkat ketuntasan 83,33% dan tingkat aktivitas siswa adalah 77,50% siswa aktif.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam hasil belajar dan aktivitas siswa. Aktivitas menjadi beragam, yaitu aktivitas visual, lisan, menulis, mendengar, mental dan emosional, karena siswa diajak untuk melakukan penemuan, pemecahan masalah, diskusi, mengemukakan pendapat dan melakukan refleksi. Hasil penelitian tersebut sejalan dengan teori belajar, yaitu adanya perubahan tingkah laku pada diri siswa, baik dari segi pemahaman maupun aktivitas siswa.

Pembelajaran kontekstual hendaknya terus bisa dilaksanakan. Keberhasilan pelaksanaan dengan pembelajaran ini tergantung pada kesiapan guru terutama penggunaan metode yang tepat dan kreativitas dalam menyiapkan perangkat belajar yang relevan, serta memberikan keleluasaan siswa mengungkapkan ide-ide.

Download

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets