Penerapan Piutang Murabahah di Perbankan Syariah Berdasarkan PSAK No.59 dan PAPSI Tahun 2003

This item was filled under [ Ekonomi Manajemen, Manajemen, Manajemen dan Keuangan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (32 votes cast)

Skripsi manajemen keuangan: Penerapan Piutang Murabahah di Perbankan Syariah Berdasarkan PSAK No.59 dan PAPSI Tahun 2003

Debby Kusuma Dewi, 2007. Skripsi manajemen keuangan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Salah satu produk pembiayaan pada PT Bank Syariah Mandiri adalah piutang murabahah. Murabahah adalah transaksi penjualan barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Harga yang disepakati dalam murabahah adalah harga jual sedangkan harga beli harus diberitahukan.Dalam penelitian ini laporan keuangan akan dievaluasi untuk mengetahui apakah laporan keuangan PT Bank Syariah Mandiri sudah sesuai dengan PSAK No. 59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah yang berlaku mulai tanggal 1 Mei 2002 dan PAPSI tahun 2003.

Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif komparatif dengan menggunakan metode analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan membandingkan kebijakan akuntansi yang diterapkan PT Bank Syariah Mandiri dengan PSAK No. 59 dan PAPSI Tahun 2003. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan membandingkan antara saldo akun laporan keuangan PT Bank Syariah Mandiri dengan saldo akun menurut PSAK No. 59 dan PAPSI tahun 2003.
Dari analisis yang dilakukan didapatkan selisih saldo akun pembiayaan untuk neraca tahun 2003 sebesar 44,961 juta rupiah. Sedangkan selisih saldo neraca tahun 2004 sebesar 48,740 juta rupiah. Sedangkan pada perhitungan pendapatan operasi utama pada perhitungan laba rugi tahun 2003 sebesar 31,078 juta rupiah dan pendapatan operasi utama pada perhitungan laba rugi tahun 2004 sebesar 24,209 juta rupiah. Selisih tersebut diakibatkan adanya penyesuaian pengakuan pendapatan dengan menggunakan accrual basis dan cash basis. Yang berakibat adanya perbedan pengakuan pendapatan yang diperoleh pada Laporan Laba Rugi dan Laporan Bagi Hasil yang digunakan sebagai dasar penghitungan pemberian bagi hasil terhadap nasabah.
Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan PT Bank Syariah Mandiri telah menerapkan PSAK No. 59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah dan PAPSI tahun 2003 dalam penyajian laporan keuangannya. Namun untuk piutang murabahah belum sesuai dengan PSAK No. 59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah dan PAPSI tahun 2003, sedangkan pada laporan keuangan tahun 2003 dan tahun 2004 masih ada selisih saldo dalam penyajiannya pada neraca dan perhitungan laba rugi. PT Bank Syariah Mandiri diharapkan agar dapat menyusun laporan keuangannya yang lebih baik dan dapat diandalkan.

Download

Penerapan Piutang Murabahah di Perbankan Syariah Berdasarkan PSAK No.59 dan PAPSI Tahun 2003, 5.0 out of 5 based on 32 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Penerapan Piutang Murabahah di Perbankan Syariah Berdasarkan PSAK No.59 dan PAPSI Tahun 2003”

  • tri puryanto
    24 December, 2012, 15:21

    boleh g’ minta dta skripsix bwt tgas statistik…..

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets