Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada Unit Usaha Toko di KPRI “Serba Usaha” Migas Cepu, 2005

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada Unit Usaha Toko di KPRI “Serba Usaha” Migas Cepu, 2005.

ULFI HAPSARI, 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang perorangan atau badanhukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan atas asaskekeluargaan. Sebagai badan usaha, koperasi mengorganisir pemanfaatan danpendayagunaan sumber daya ekonomi anggotanya atas dasar prinsip-prinsip koperasidan kaidah usaha ekonomi untuk meningkatkan taraf ekonomi anggota padakhususnya dan masyarakat pada umumnya.

Ukuran keberhasilan koperasi pada dasarnya dapat dilihat dari bagaimanamanajemen koperasi menghasilkan suatu informasi baik untuk pihak internal maupunpihak eksternal. Informasi yang dihasilkan ini berasal dari adanya data akuntansi,dimana data akuntansi terbentuk dari adanya proses akuntansi. Kas dalam koperasimerupakan faktor yang sangat penting dalam menjalankan usaha. Untuk itu adanyasuatu sistem yang baik dalam pengelolaan kas merupakan faktor yang penting dalammenjalankan manajemen perusahaan.

Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana SistemAkuntansi Penerimaan Kas pada unit usaha toko di KPRI ”Serba Usaha” MIGASCEPU ?, (2) Bagaimana Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas pada unit usaha toko diKPRI ”Serba Usaha” MIGAS CEPU ?, (3) Apakah Sistem Akuntansi PenerimaanKas dan Pengeluaran Kas pada unit usaha toko di KPRI ”Serba Usaha” MIGASCEPU sudah sesuai dengan standart akuntansi koperasi ?.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Metodedokumentasi, (2) Metode wawancara, (3) Metode observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber penerimaan kas di unit usahatoko KPRI “Serba Usaha” Migas Cepu adalah dari penjualan barang dagang. Ada tigasistem penerimaan kas yang digunakan, yaitu: (1) Sistem Penerimaan Kas dariPenjualan Tunai, (2) Sistem Penerimaan Kas dari Penjualan Tunai dengan KartuDebet BCA, (3) Sistem Penerimaan Kas dari Penjualan Kredit. Prosedur penerimaanuang melibatkan beberapa bagian dalam perusahaan agar transaksi penerimaan uangtidak berpusat pada satu bagian saja. Dalam sistem penerimaan kas unit usaha tokoKPRI “Serba Usaha” Migas Cepu, bagian-bagian yang terlibat adalah: (1) kasir toko,(2) bagian penjualan, (3) kasir umum, dan (4) bagian akuntansi. Pengeluaran kasdilakukan oleh unit usaha toko KPRI “Serba Usaha” Migas Cepu untuk : (1)pembelian barang dagang, (2) pemakaian administrasi unit usaha, (3) penggunaan kaskecil. Sistem pengeluaran kas yang digunakan di unit usaha toko KPRI “SerbaUsaha” Migas Cepu secara teoritis belum sesuai, karena untuk memperoleh danaguna pengeluaran yang dilakukan, unit usaha toko tidak perlu menggunakan prosedurkhusus. Sistem yang dilakukan hanya memutar kas yang sudah diterima, sisanya barudiberikan atau dilaporkan kepada bagian kasir umum.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa SistemAkuntansi Penerimaan Kas unit usaha toko di KPRI ”Serba Usaha” MIGAS CEPUdilakukan melalui prosedur-prosedur dan peraturan yang berlaku, baik di KPRI”Serba Usaha” MIGAS CEPU maupun di Indonesia. Sedangkan, Sistem AkuntansiPengeluaran Kas yang dilakukan oleh unit usaha toko tidak melalui proedur-prosedurkhusus, setelah pengeluaran dilakukan akan ada laporan yang diberikan kepada kasirumum koperasi setiap harinya.

Hasil penelitian ini semoga dapat bermanfaat bagi perusahaan, bagi civitasakademika, dan bagi penulis. Bagi Perusahaan hasil penelitian ini diharapkan akanmemberikan masukan bagi KPRI ”Serba Usaha” MIGAS CEPU mengenai masalahSistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas, khususnya pada unit usaha toko.Diharapkan setiap bagian di unit toko dapat saling mengawasi sehingga kinerjasistem dapat dipertahankan atau menjadikannya lebih baik lagi. Sebaiknya diadakanperaturan lebih ketat tentang prosedur pengeluaran kas agar tidak terjadi bentukbentukpenyelewengan dana kas oleh pihak-pihak tertentu. Bagi civitas akademikapenelitian ini diharapkan menambah informasi tentang Sistem Akuntansi PenerimaanKas dan Pengeluaran Kas. Bagi Penulis penelitian akan menambah wawasan danpengetahuan.

Download

Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada Unit Usaha Toko di KPRI “Serba Usaha” Migas Cepu, 2005, 4.8 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets