Penerbitan Akta Kelahiran Anak Luar Kawin : Studi Di Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Semarang

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (115 votes cast)

skripsi jurusan ekonomi: Penerbitan Akta Kelahiran Anak Luar Kawin : Studi Di Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Semarang

Lastari, Tri Juli. 2006. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Setiap kelahiran perlu memiliki bukti tertulis dan otentik karena dapat membuktikan identitas seseorang yang pasti dan mempunyai kekuatan pembuktian yang sempurna yang dapat dilihat pada akta kelahiran yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan akta tersebut yaitu Dinas pendaftaran penduduk dan catatan sipil.

Permasalahan yang dikaji adalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana pelayanan dan proses penerbitan akta kelahiran anak luar kawin khususnya di Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Semarang? (2). Apa saja hambatan dalam penerbitan akta kelahiran anak luar kawin dan bagaimana penyelesaiannya? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pelayanan dan proses penerbitan akta kelahiran anal luar kawin. (2) Untuk mengetahui hambatan dan cara penyelesaian dalam penerbitan akta kelahiran anak luar kawin dan mengetahui cara penyelesaiannya. Lokasi dalam penelitian ini adalah Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Semarang.
Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dolumentasi. Data ini dikumpulkan dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akta kelahiran merupakan bukti otentik dan mempunyai kekuatan hukum yang pasti. Proses penerbitan akta kelahiran anak luar kawin sama seperti anak sah pada umunya, dalam pembuatan akta kelahiran dapat dilayani dengan empat yaitu 1) Akta kelahiran umum, 2) Akta kelahiran dispensasi, 3) Akta kelahiran terlambat, 4) akta kelahiran istimewa. Hambatan dalam penerbitan akta kelahiran adalah kurangnya syarat dari pemohon sehingga dalam proses penerbitan akta mengalami sedikit kendala, cara penyelesaiannya adalah pemeriksaan berkas dari pemohon lebih teliti sehingga penerbitan akta berjalan dengan lancar.
Berdasarkan penelitian ini disarankan Dinas pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Semarang secara berskala perlu mengadakan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai arti pentingnya akta kelahiran. Mengingat akta kelahiran merupakan bukti yang otentik dalam pembuktian, maka setiap masyarakat wajib mendaftarkan atau mencatatkan setiap peristiwa di Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil.

Download

Penerbitan Akta Kelahiran Anak Luar Kawin : Studi Di Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Semarang, 4.8 out of 5 based on 115 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets