Pengaruh Biaya Produksi Langsung terhadap Hasil Produksi Pengrajin Tenun di Sentra Industri Tenun ATBM Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (33 votes cast)

Skripsi Jurusan Ekonomi: Pengaruh Biaya Produksi Langsung terhadap Hasil Produksi Pengrajin Tenun di Sentra Industri Tenun ATBM Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan.

Shiam, Trima Nur. 2007. Skripsi Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Krisis ekonomi sejak tahun 1997 lalu secara nyata telah menyebabkan jatuhnya ekonomi nasional. Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada kenyataannya mampu menunjukkan kinerja yang lebih tangguh dalam menghadapi masa krisis. Usaha peningkatan produksi tidak bisa terlepas dari biaya produksi. Produksi optimal dicapai saat ada pengorganisasian penggunaan input sebaik mungkin. Jika tambahan input mengakibatkan pengurangan produksi maka tidak diperlukan karena pada saat tersebut penambahan input tidak lagi efisien. Sementara itu, penambahan input yang mengakibatkan penambahan output yang jauh lebih besar juga kurang baik karena ongkos produksi per unit telah mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini diambil judul “Pengaruh Biaya Produksi Langsung terhadap Hasil Produksi Pengrajin Tenun di Sentra Industri Tenun ATBM Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan”, dengan tujuan mengetahui bagaimana pengaruh biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung terhadap hasil produksi, mengetahui bagaimana pengaruh biaya bahan baku terhadap hasil produksi, dan mengetahui bagaimana pengaruh biaya tenaga kerja langsung terhadap hasil produksi.

Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga sampel yang digunakan meliputi populasi yang ada yaitu 27 pengrajin tenun di Sentra Industri Tenun ATBM Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Variabel terikat (Y) adalah hasil produksi sedangkan variabel bebas (X) yaitu biaya bahan baku sebagai X1 dan biaya tenaga kerja langsung sebagai X2. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap hasil produksi artinya jika biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung naik secara simultan maka hasil produksi akan naik. Biaya bahan baku berpengaruh terhadap hasil produksi artinya bahwa jika biaya bahan baku naik maka hasil produksi juga akan naik. Sedangkan biaya tenaga kerja langsung kurang berpengaruh terhadap hasil produksi artinya bahwa peningkatan atau penurunan biaya tenaga kerja langsung
tidak dapat meningkatkan atau menurunkan hasil produksinya.
Saran yang penulis berikan yaitu pengrajin dapat lebih memperhatikan ketersediaan bahan baku dalam berproduksi, dan pemerintah menganjurkan pemakaian produk tenun ATBM yang berupa barang-barang assesoris bagi instansi-instansi pemerintahan, agar dapat meningkatkan permintaan produk tenun tersebut sehingga berdampak pada peningkatan produksinya.

Download

Pengaruh Biaya Produksi Langsung terhadap Hasil Produksi Pengrajin Tenun di Sentra Industri Tenun ATBM Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, 4.9 out of 5 based on 33 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets