Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (128 votes cast)

Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak

Astuti, Chatarina. P. 2005.jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Anak memulai belajar pertama kali ditanamkan oleh orang tuanya sendiri. Sejka kecil dilatih bertanggung jawab dengan memulai tugas-tugas yang sederhana hingga yang rumit, serta disesuaikan dengan perkembangan fisikmaupun psikisnya. Teladan orang tua serta turut sertanya orang tua menemani anaknya ketika melakukan tugas tersebut akan membesarkan hati, sehingga anak merasa senang dan termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik. Orang tua yang memperhatikan karakteristik pribadi anak akan memperkecil kegagalan dalam pengambilan keputusan yang patut dan efektif terhadap perubahan baik pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai-nilai sikap.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa di SD Pangudi Luhur Don Bosco ? Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak. Sampel yang digunakan adalah murid kelas IV SD PL Don Bosco Semarang yang berjumlah 45 siswa. Analisa data menggunakan uji regresi linier sederhana.

Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan informasi yang cocok menggunakan angket dan skala psikologi. Untuk mengumpulkan data bimbingan belajar orang tua digunakan angket. Untuk mengumpulkan data tanggung jawab belajar digunakan skala psikologi.

Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan sebagian besar siswa kelas empat SD Don Bosco merasakan tingginya pengaruh bimbingan belajar orang tua mereka untuk tanggung jawab belajar. Jumlah anak yang berpendapat demikian sebesar 32 anak atau 71,11 % dari responden penelitian. Sedangkan tanggung jawab belajar juga tinggi yaitu 31 anak atau sebesar 68,89 % responden penelitian. Bimbingan belajar orang tua berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar anak berdasarkan hasil uji F dengan nilai F hitung sebesar 45,891 (p < 0,05). Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 1,462 + 0,972X. Besarnya sumbangan pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak adalah sebesar 0,516 atau 51,6 %.

Hasil penelitian ini merekomendasikan perlunya meningkatkan tanggung jawab belajar anak kelas IV SD Don Bosco Semarang dengan cara orang tua perlu meluangkan waktu untuk mendampingi anak serta memotivasi anak untuk belajar sehingga anak memperoleh hasil yang maksimal.

Download

Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak, 4.7 out of 5 based on 128 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets