Pengaruh Bimbingan Karier terhadap Kemandirian Siswa dalam Memilih Karier pada Siswa Kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Tahun Pelajaran 2005/2006

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (115 votes cast)

Skripsi jurusan ekonoomi: “Pengaruh Bimbingan Karier terhadap Kemandirian Siswa dalam Memilih Karier pada Siswa Kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Tahun Pelajaran 2005/2006”

Arifah. 2005 Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Karier menjadi orientasi utama sebagian besar siswa Sekolah MenengahKejuruan. Untuk merencanakan kehidupan karier lebih baik, diperlukan suatubimbingan yang memberikan bekal cukup kepada siswa. Bimbingan kariersebagai jembatan bagi siswa dalam mengetahui informasi karier yang inginditekuni oleh siswa agar siswa mandiri dalam memilih karier yang sesuai dengankondisi diri siswa. Kemandirian siswa ini penting, mengingat kehidupan kariermerupakan kehidupan yang akan dijalani siswa setelah lulus. Agar masa depankarier yang akan dijalani memberikan hasil yang memuaskan.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakondisi pelaksanaan bimbingan karier dan kondisi kemandirian siswa dalammemilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnisdan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006. 2) apakah terdapat pengaruhbimbingan karier terhadap kemandirian siswa dalam memilih karier pada siswakelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) tahunpelajaran 2005/2006. 3) Seberapa besar pengaruh bimbingan karier terhadapkemandirian siswa dalam memilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006, baiksecara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui bagaimana kondisi pelaksanaan bimbingan karier dan kondisikemandirian siswa dalam memilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006. 2)Untuk mengetahui pengaruh bimbingan karier terhadap kemandirian siswa dalammemilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnisdan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006. 3) Untuk mengetahui seberapa besarpengaruh bimbingan karier terhadap kemandirian siswa dalam memilih karierpada siswa kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen)tahun pelajaran 2005/2006, baik secara simultan maupun secara parsial.

Populasi dan sampel pada penelitian ini diambil dari siswa kelas III tahunpelajaran 2005/2006 sejumlah 320 dengan sampel sejumlah 80 orang denganmetode proporsional clouster random sampling. Metode analisis datanyamenggunakan metode regresi sederhana dengan menggunakan angket/ kuesionersebagai metode pengambilan datanya. Regresi sederhana digunakan untukmengungkap apakah ada pengaruh bimbingan karier terhadap kemandirian siswadalam memilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2 Magelang (KelompokBisnis dan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006. Datanya diambil dari jawabanresponden terhadap keefektifan pelaksanaan bimbingan karier dan sikapkemandirian siswa dalam memilih karier yang diperoleh dari pertanyaan angket/kuesioner yang diberikan kepada responden (siswa kelas III ) SMK Negeri 2Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006.Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan bimbingan karier di SMKNegeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) termasuk kategori efektifdengan persentase 79.43%. Kemandirian siswa dalam memilih karier pada siswakelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) tahunpelajaran 2005/2006 termasuk kategori tinggi dengan persentase 81.99%.Adapengaruh yang signifikan antara bimbingan karier terhadap kemandirian siswadalam memilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2 Magelang (KelompokBisnis dan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006. Dari perhitungan melaluiSPSS diperoleh persamaan regresi linier sederhana, Y=65.570+0.482X. Besarnyapengaruh tersebut yaitu 38.3%.Hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 48.428(perhitungan dalam lampiran). Sedangkan F tabel pada taraf signifikansi 0.000 df= 1 dengan N = 80 adalah lebih kecil. Mengingat F hitung > dari F tabel sehinggadapat diartikan hipotesis Ha yang berbunyi “ada pengaruh antara bimbingan karerdengan kemandirian siswa dalam memilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006”diterima.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa, bimbingankarier berpengaruh cukup signifikan terhadap kemandirian siswa dalam memilihkarier sebesar 38.3%, maka pihak sekolah hendaknya senantiasa meningkatkankeefektifan pelaksanaan layanan bimbingannya agar para siswa mandiri dalammengambil keputusan yang tepat untuk memilih kariernya. Secara umum sikapkemandirian siswa dalam memilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) tahun pelajaran 2005/2006 sudahinggi, namun demikian masih perlu adanya peningkatan lagi agar menjadi lebihbaik terutama pada peningkatan tanggung jawab siswa terhadap karier yang akandipilih. Peningkatan ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesungguhandalam menekuni bidang kejuruan yang sedang ditekuni saat dibangku sekolah,meningkatkan kesadaran siswa dengan tujuan/ cita-citanya terhadap karier yangakan dipilih dan meningkatkan motivasi siswa terhadap karier yang akandipilihnya.

Download

Pengaruh Bimbingan Karier terhadap Kemandirian Siswa dalam Memilih Karier pada Siswa Kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Tahun Pelajaran 2005/2006, 4.7 out of 5 based on 115 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets